Jualan Kok Gitu!?

Jualan secara daring alias online memang lebih menyenangkan. Si penjual tidak harus menyewa tempat dengan harga tinggi sehingga lebih menghemat biaya. Modal yang diperlukan hanyalah jaringan internet, komputer atau smartphone, dan yang pastinya musti rajian take and upload produk-produk yang ditawarkan.
Nah, masalahnya yakni ada beberapa seller yang (maaf) malas mengambil foto produknya sendiri sehingga lebih memilih mengambil foto yang sama dari online shop lain. Padahal seller yang mengupload produknya sendiri ini harus menyisihkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk memproses foto-foto tersebut hingga siap upload. Tetapi tiba-tiba ada seller yang tidak bertanggung jawab malah mencuri foto-foto tersebut.
Saya memang bukan pemilik online shop yang fotonya dicuri oleh online shop lain. Tetapi, saya kesal dengan beberapa online shop yang mengambil dan mengupload foto saya untuk jualan mereka, tanpa izin.

image

image

Awalnya saya tahu dari salah seorang teman yang mengirimkan foto melalui Line. “Ini kaya kak Dila, deh”. Kalau tidak salah seperti itu bunyi pesannya. Dan benar saja, saat saya buka saya kaget kenapa foto saya ada di iklan online shop. Akhirnya saya cari akun online shop tersebut, dan yah.. foto saya masih terpampang di sana.
Then, malam ini saya juga dibuat kaget lantaran nemu online shop yang juga memajang foto saya di “etalase” mereka. Awalnya saya hanya iseng mencari hashtag #nofuted di Instagram. FYI, #nofuted adalah kata yang terdapat di kaos-kaos/tumblr tee. Well, saat scroll and scroll, saya kaget foto saya lagi-lagi diambil oleh online shop yang tidak bertanggung jawab.

image

Hiks.. walaupun hanya dijadikan contoh pemakaian bajunya gimana, tapi saya pribadi tidak nyaman foto saya diambil tanpa izin. Wong, apa salahnya si online shop tersebut DM atau apalah untuk meminta izin kalau mereka mau ambil foto.
Internet memang memudahkan kita dalam segala hal, termasuk jualan. Tapi, lagi-lagi saya katakan, jadilah seller yang rajin, jujur, dan bertanggung jawab. Gimana rezekinya bisa berkah kalau untuk jualan saja musti mengambil foto orang lain tanpa izin.[]

©dilanovia 28042016 21:30

Leave a Reply

