Do and Don’t: I’m Only Human

image

Allah telah mengatakan di dalam Al Quran bahwa setiap manusia memiliki potensi baik dan potensi buruk. Dan sebaik-baiknya manusia adalah dia yang meminta ampun atas segala kesalahan yang diperbuat.

Saya? Saya hanya perempuan biasa. Masih dalam kategori “belum baik” dan “masih harus diperbaiki”.

Bagaimana dengan jilbab saya? Ya, Alhamdulillah saat ini jilbab ini sudah menjulur panjang menutupi dada. Saya berusaha keras untuk mempertahankannya.

Bagaimana dengan pakaian? Alhamdulillah baju yang saya kenakan juga semakin longgar.

Bagaimana dengan akhlak? Ya, saat ini saya  sedang berusaha keras menjadi manusia yang lebih baik dari hari sebelumnya. Saya juga berusaha keras menjaga lisan, pandangan, tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya tidak terjerumus ke jalan yang salah.

Lantas, bagaimana dengan postingan di media sosial? Ya, saya hanya ingin berusaha menebar kebaikan, bukan pencitraan. Saya juga tidak mengharap sanjungan dari manusia, murni mengharap pahala dariNya. Postingan itu juga sebagai nasehat bagi diri yang banyak dosa ini.

Kawan, jika tidak kau temukan kesamaan antara postingan dan akhlak saya, tolong lihat kembali kalimat awal pada tulisan ini. Atau saya ulang kembali bahwa setiap manusia memiliki potensi baik dan potensi buruk. Dan sebaik baiknya manusia adalah dia yang meminta ampun atas segala kesalahan yang diperbuat.

Jika tidak kalian temukan kesamaan antara akhlak dan jilbab saya, jangan sesekali kalian salahkan jilbabku. Jilbab ini tidak salah. Jilbab adalah pelindungku. Jilbab adalah kehormatan bagi saya yang mengenakannya. Ini adalah suatu keharusan seorang wanita muslim.

Sekali lagi saya ulangi, setiap manusia itu memiliki potensi baik dan potensi buruk. Dan sebaik-baik manusia adalah dia yang meminta ampun atas segala kesalahan.

Kumohon, jangan nilai diri saya baik karena postingan saya baik sehingga akhlak saya juga baik. Maaf, saya juga masih punya cacat. Masih perlu memperbaiki diri.

Dan jangan sesekali menyalahkan jilbab yang ada di kepala ini. Sekali lagi, jilbab ini tidak salah. Orang yang memakainya inilah yang banyak kesalahan.

Maaf, sekali lagi saya ulangi, setiap manusia itu memiliki potensi baik dan potensi buruk. Dan sebaik-baik manusia adalah dia yang meminta ampun atas segala kesalahan.[]

©dilanovia 20112015 23:08

Leave a Reply

