Pengalaman Mengikuti SKSD Kementerian Sosial 2015 #1

SKSD Kemsos 2015

Ini adalah pengalaman survey yang sangat berharga bagi saya. Banyak banget pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan ini. Baik ilmu baru, teman baru, dan yang pasti menginjakkan kaki di tempat-tempat baru. Belum lagi saya bisa mengetahui bagaimana kondisi kehidupan masyarakat di berbagai daerah di Provinsi Riau. I absolutely happy bisa lolos seleksi dalam kegiatan ini. Thank God!

Awal mula saya mengikuti ini karena diajak oleh salah seorang teman kampus. Honestly, I don’t expect too high agar bisa lolos, apalagi saat itu saya sedang disibukkan dengan urusan proposal tesis, kegiatan kampus ke Tiongkok, belum lagi pindahan dari mess ke kos. Bisa dibilang mendaftarkan diri saat itu hanya coba-coba-mudah-mudahan-lolos. Yah, kalau nggak lolos juga nggak apa, berarti belum rezeki.

Saya pun mendaftarkan diri sebagai pewawancara. Sebenarnya, pada kegiatan ini ada dua jenis pendaftaran, baik sebagai pewawancara maupun ketua tim. Yeah, you know what, kalau mau mendaftar sebagai ketua tim, kamu harus memiliki pengalaman survey yang banyak, serta persyaratan lain yang of course I don’t have it.

Well, saya pun mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh secara online di puslit.kemsos.go.id. Ada tiga bagian yang harus diisi dalam formulir tersebut, mulai dari identitas (informasi diri dasar), pengalaman survey, serta penguasaan komputer (mampu/tidak mampu).Selain itu, kita harus menandatangani surat pernyataan yang berisi bahwa kita bersedia mengikuti proses seleksi, bersedia mengikuti pemantapan sebagai pewawancara, bersedia ditugaskan menjadi pewawancara, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia sebagai pengumpul data selama 3 minggu.

Intinya adalah pengisian formulir pendaftaran SKSD ini sangat simpel dan mudah sekali. Semua dilakukan via online dan tidak ada berkas-berkas fisik yang dikirim via pos atau sejenisnya. Berikut penampakan formulirnya.

Formulir Pendaftara SKSD - Dila

 Well, dengan pasrah (dan pastinya sedikit banyak berharap juga) saya kirim formulir tersebut ke panitia melalui email yang sudah disediakan, dan menunggu pengumuman tiba.

I don’t know how long pengumuman itu tiba, yang pasti lagi-lagi saya diberitahu oleh teman yang saya ceritakan sebelumnya. Namun, sayang sekali dia tidak lolos seleksi. Pengumuman secara umum  disampaikan melalui website puslit kemsos, peserta yang lulus pun dikabarkan melalui email masing-masing. Bagi peserta yang lulus seleksi selanjutnya akan mengikuti pemantapan (training) di Medan (Medan adalah perwakilan Regional 1: Riau dan Sumatera Utara).

email konfirmasi panitia SKSD

Email konfirmasi panitia SKSD

Anyway, saya belum pernah mengikuti survey yang benar-benar dari pemerintah, jadi saat itu saya cukup kesulitan menyiapkan segala administrasi yang diminta. Baik surat izin dari kampus (karena masih berstatus mahasiswa), surat izin perjalanan dinas, dan kartu NPWP (absolutely I don’t have it). Saya juga sempat datang ke kantor Puslitbang Kemsos menanyakan status kepesertaan saya karena sempat terjadi missunderstanding dengan panitia. Tapi semua itu Alhamdulillah bisa terlalui.

Singkat cerita, ketika semua berkas sudah terpenuhi, terbanglah saya dari Jakarta, awalnya menuju Pekanbaru, tapi karena kemarin kondisi alam tidak memungkinkan (apa lagi kalau bukan karena jerebu) penerbangan saya alihkan langsung ke Medan.

Sesampainya di Medan, saya langsung naik damri dari airport menuju Garuda Plaza Hotel, tempat pemantapan tersebut diadakan. Nah, dari sini petualangan saya berawal… to be continued

Anyway, big thanks to Mba Misri yang udah ngajak aku untuk daftar SKSD ini. Makasi banyak atas penjelasannya, dan supportnya, dan tebengan rumahnya pas delay di bandara. Thank you soo much….[]

©dilanovia 17112015 23:25

1 Comment (+add yours?)

  1. sukoharsono
    Feb 11, 2016 @ 04:45:00

    Salam hangat dari sesama (alumni) Pewawancara SKSD 2015 Regional Jatim, NTB dan Kaltim.

    Ini Part 2 nya belum ada ya?

    Reply

Leave a Reply

