#PrayforParis

prayforparis

Lagi-lagi kabar duka akibat serangan teroris menghebohkan masyarakat. Sebagaimana diberitakan hari ini telah terjadi peristiwa serangan teror di Paris. Sebanyak 153 orang dilaporkan tewas dalam serangan teroris secara beruntun di enam lokasi di negara yang terkenal dengan Menara Eifel tersebut. ISIS mengklaim bahwa merekalah yang mendalangi peristiwa tersebut. Melalui akun media sosialnya, kelompok ini juga berencana akan menyerang London dan Roma.

Well, serangan tersebut tentu saja sangat mencoreng peri kemanusiaan. Nyawa Maysarakat sipil yang tidak bersalah hilang begitu saja. Seorang istri kelihalangan suaminya, anak-anak kelihalangan orang tuanya, adik kehilangan kakaknya. Begitu menyedihkan.

Siapakah individu atau kelompok yang “benar-benar” harus bertanggung jawab? Kita tidak pernah tahu. Kabarnya ISIS yang mendalangi semua ini. Namun, hingga saat ini tahukah kita siapa ISIS sebenarnya? Siapa dalang di balik kelompok ISIS atau kelompok-kelompok sejenis lainnya? We never know.

Yah, begitulah trend saat ini. Perang antarnegara melawan aktor non negara. Siapa lawan dan siapa kawan sangat susah dikenali. Apalagi dengan perkembangan teknologi khususnya dunia cyber saat ini, semua bisa dilakukan hanya dengan ujung jari dan tanpa modal besar. Berbeda dengan perang konvensional seperti pada Perang Dunia I dan II, atau perang di tahun-tahun yang jauh sebelumnya, yang serba mengandalkan senjata dan alat-alat perang. Kini, semua tergantikan dengan komputer plus jaringan internet.

Jumat malam di Paris menjadi saksi bisu atas ketidakberadaban para teroris. Ini masih dan masih menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh pihak, khususnya mereka yang (katanya) bertugas menjaga perdamaian. Ntah peristiwa terencana apa yang selanjutnya akan terjadi. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapat kesabaran dari Tuhan Yang Maha Esa.

Satu hal yang paling saya takutkan dari kejadian ini adalah merebak kembali islamophobia. Saya sangat takut kejadian ini disangkut-pautkan dengan Islam (Islam yang sebenar-benarnya). Kasian warga Paris yang beragama Islam harus diasingkan karena disangka teroris atau at least dianggap membahayakan.

#PrayforParis di sini lebih dari sekedar mendoakan warga yang menderita akibat ledakan. Lebih dari itu. Saudaraku yang seiman di sana are always protected and given patience, especially a test of faith.[]

©dilanovia 14112015 17:05

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: