Riau Miskin Pemimpin Amanah?

image

Wajah Kota Bertuah kembali tercoreng dengan ulah para pengemban amanah. Bukan sekali dua kali, tapi kali ini ibarat “janjian”, berturut-turut tiga tokoh nomor satu di provinsi ini harus rela dirinya dibui.
Sebut saja Saleh Djasid, Gubernur ke-10 Provinsi Riau tahun 1998-2003 ini didakwa telah melakukan korupsi dana APBD Riau serta korupsi mobil pemadam kebakaran yang turut melibatkan Mendagri kala itu.
Selanjutnya, Rusli Zainal Gubernur ke-11 Provinsi Riau tahun 2003-2013. Dia dihukum 10 tahun penjara akibat kasus korupsi dana PON XVII yang diadakan di Riau tahun 2012.
Dan kini, yang beberapa waktu lalu menjadi buah bibir adalah Anas Maamun Gubernur ke-12 yang baru saja resmi menjabat pada 19 Februari 2014. Dia diduga terlibat sebagai penerima suap lahan di Riau yang nilainya mencapai Rp2 miliar.
Apa yang salah dengan mental pemimpin di negeri ini? Miris rasanya ketika merunut jejak langkah orang-orang nomor satu di negeri Melayu ini yang mewarisi tinta hitam, kelam…
Padahal negeri Melayu terkenal dengan budaya masyarakatnya yang amanah, santun, dan agamis. Kultur itu yang dari dulu dilekatkan erat-erat oleh para leluhur negeri. Namun, kini budaya itu terkikis oleh nafsu duniawi.
Memang, tidak ada satupun budaya di nusantara ini yang melegalkan korupsi. Tetapi apabila dihadapkan dengan nafsu ekonomi dan kepentingan politik, baik orang per orang atau kelompok, nilai luhur budaya itu luntur.
Seperti yang tampak pada ketiga pemimpin di atas. Harapan masyarakat pun sirna dengan tingkah polah mereka. Masyarakat kian hari kian tak percaya.
Lantas pertanyaannya, akankah Provinsi Riau terus didera kabut kelam yang dilakoni sendiri oleh para pemimpin negeri? Akankah negeri ini miskin pemimpin amanah?[]

©dilanovia 20102014 19:02

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: