Pengalaman Wawancara Manajemen Bencana di Universitas Pertahanan (UNHAN) 2014

Suasana saat wawancara. By the way, saya diwawancara oleh dua bapak-bapak TNI (dari kanan bawab) :D

Suasana saat wawancara. By the way, saya diwawancara oleh dua bapak-bapak TNI (dari kanan bawab)😀

Setelah beberapa lama menunggu hasil tes pengumuman sebelumnya yaitu tes TPA dan Toefl, surpriseeee…. I finally passed the test! Alhamdulillah, kelulusan itu benar-benar tidak saya sangka sebelumnya. Awalnya saya mengira saya tidak akan lulus karena saat TPA soal matematikanya subhanallah susah sekali sodarah-sodara (tapi mungkin bagi anak matematika, soal ini gampang-gampang aja, hehe..)

Singkat cerita, PR saya selanjutnya tentu saja harus mengikuti tahap terakhir dari perjalanan panjang ini, yaitu wawancara. Tes wawancara untuk gelombang II 2014 ini diikuti oleh 175 peserta di kampus Unhan Salemba. Waktu pelaksanaan dibagi dua gelombang yaitu pada hari Senin tanggal 16 Juni 2014 dan Selasa 17 juni 2014, dimulai dari pukul 08.00 wib sampai dengan selesai.

Saya mendapat gelombang pertama yaitu hari Senin (16 Juni). Pelaksanaan wawancara di kampus Unhan sedikit molor dari jadwal yang ditetapkan karena terjadi kesalahan teknis (listrik di gedung tempat saya dan beberapa mahasiswa dari jurusan lain tidak hidup. Akhirnya setelah menunggu beberapa lama kami pun dipindahkan ke gedung rektorat.

Well, detik-detik menunggu kedatangan para pewawancara cukup menegangkan. Oya, berbeda dengan sesi wawancara prodi manajemen bencana pada gelombang I yang pewawancaranya ada tiga orang, untuk gelombang II ini pewawancaranya hanya 2 orang. Syukurlah, hehe… Tapi di jurusan lain memang ada yang tiga orang dan ada juga yang dua orang. Mungkin tergantung kebijakan masing-masing prodi.

Tibalah saatnya para pewawancara datang, saya dan beberapa peserta lainnya tidak dapat menyembunyikan wajah tegang kami. Saya berada diurutan kelima. Nah, sembari menunggu nomor panggilan, saya membaca informasi tentang manajemen bencana, istilah yang ada pada manajemen bencana, dan tentu saja yang paling penting adalah paper yang saya tulis sebagai syarat pendaftaran saat mendaftar di Unhan pertama kali.

Nah, giliran saya pun tiba sudah. Ketika berhadapan langsung dengan para pewawancara (yang keduanya adalah TNI), saya langsung menjabat tangan dan menyebutkan nama panggilan saya. Mereka pun mempersilahkan saya duduk.

Berbeda dari perkiraan saya sebelumnya, wawancara tersebut begitu menyenangkan karena bapak-bapak ini begitu ramah. Bahkan mereka lebih banyak menasehati saya tentang bagaimana menjaga nama baik universitas ketika saya diterima dan menyandang almamater Unhan. Mereka pun member tahu saya skor TPA dan Toefl saya yang Alhamdulillah jauh lebih tinggi dari yang saya perkirakan.

Namun, ada beberapa pertanyaan yang diajukan kepada saya. Pertanyaan pertama adalah mengapa saya berminat kuliah di Unhan. Selanjutnya, salah satu pewawancara meminta saya untuk membaca paper yang saya tulis (tentunya membaca dalam bahasa inggris). Setelah beberapa paragraph, bapak tersebut meminta saya untuk menjelaskan isi paper tersebut.

Nah, bagian inilah yang menjadi poin penting bagi saya bahwa ketika saya menceritakan inti dari paper tersebut, mereka berdua menganggukkan kepada pertanda menyetujui gagasan-gagasan yang saya lontarkan. Yep, gagasan inti dari paper saya adalah bagaimana manajemen bencana tidak hanya sebagai ilmu tapi lebih dari itu manajemen bencana merupakan bidang studi yang “mulia” di mana para lulusannya dapat menjadi “obat” dan “penyembuh” bagi masyarakat yang tertimpa musibah. Manajemen bencana tidak hanya sekedar studi tapi di dalamnya juga terkandung nilai moral yang amat mulia.

Selanjutnya, giliran pewawancara yang kedua menanyakan saya. Pertanyaan ini lebih ke pribadi saya, seperti saya anak keberapa, dari berapa bersaudara, apa saja prestasi yang pernah saya raih, apakah di S1 dulu belajar matematika atau tidak, dan kira-kira kalau lulus di Unhan nanti, apa kira-kira tema tesis yang akan saya tulis (ini pertanyaan yang bikin saya sangat gugup dan terkesan menjawab asal-asalan karena memang tidak prepare sebelumnya).

Oya, karena saya berasal dari Riau, saya pun ditanyakan masalah bencana apa yang sering terjadi di kota saya. Of course saya menyebutkan bencana kabut asap. Pewawancara pun meminta saya menjelaskan bagaimana bencana kabut asap di daerah saya tersebut.

Terlepas dari itu, seperti yang saya katakan sebelumnya pewawancara lebih banyak menasehati saja. Pembawaan ala TNI yang tegas namun penuh simpati dan kebapakan membuat saya nyaman untuk bercerita. Di akhir tanya jawab mereka pun menanyakan keseriusan saya untuk kuliah di Unhan. Kata mereka, kalau suartu saat saya mengundurkan diri maka saya akan dikenakan denda. Saya lupa totalnya berapa, kalau tidak salah 200an juta. Fiuhh… Tapi dengan tegas saya katakan, bahwa saya-ingin-kuliah-di Unhan!

Well, bagi rekan-rekan yang akan melakukan tes wawancara di Unhan (khususnya prodi manajemen bencana) ada beberapa hal yang harus dipersiapkan:

  1. Pahami paper anda, kalau bias juga dihafal poin-poin pentingnya. Kalau kamu yang membuat sendiri paper itu, pasti akan paham isi paper itu, toh?
  2. Perkuat alasan Anda mengapa ingin kuliah di Unhan
  3. Kuasai peristiwa-peristiwa bencana yang ada di daerah anda atau peristiwa bencana yang terjadi baru-baru ini. Informasi ini bisa anda dapatkan melalui berita
  4. Kuasai informasi umum tentang manajemen bencana. Ini untuk berjaga-jaga saya siapa tahu ditanyakan
  5. Hilangkan stress dan ketika berdialog dengan pewawancara usahakan menatap mata si pewawancara
  6. Jaga sopan santun, dan karena sekolah ini berhubungan dengan ketahanan Negara, maka tunjukkan sikap tegas namun jangan menyombongkan diri
  7. Sekian

Singkat cerita, singkat cerita, singkat ceritaa… setelah beberapa hari menunggu akhirnya pengumuman akhir yang lulus dan di terima di Unhan keluar juga. Pengumumannya keluar tengah malam antara tanggal 1 dan 2 Juli. Dan Alhamdulillah saya LULUS!!! Alhamdulillaaah…….

pengumuman akhir unhan

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui pengalaman saya dari awal mengikui pendaftaran Unhan, silahkan baca contoh paper Unhan dan pengalaman tes TPA dan Toefl. Semoga membantu dan selamat berjuang![]

©dilanovia 04072014 21:07

35 Comments (+add yours?)

  1. acesapto
    Jul 05, 2014 @ 09:22:51

    selamat yak kaka dila,🙂 semangat untuk lanjut studinya kaka,🙂 senang bisa melihat kaka duduk di Unhan,🙂

    Reply

  2. opik
    Jul 29, 2014 @ 17:12:55

    assalam.mbak sy taufik,terima kasih atas tulisan yg sangat informatif, ada yg mau sy tanyakan nih:
    1.jadwal penerimaan beasiswa Unhan untuk tahun 2015-2016 akan dbuka bulan februari&april 2016?
    2.d unhan it g ada ada biaya kuliah sama sekali ya?berarti klo lulus kita cuma keluar biaya hidup?
    3.klo boleh tahu,total pelamar unhan ada brp n yg lolos tahap akhir ada brp?biar bs tahu perbandingan nya

    thanks in advance mbak

    Reply

    • DILAsaid
      Jul 29, 2014 @ 17:27:05

      Waalaikumsalam,
      Alhamdulillah kalau informasi ini berguna untuk mas.
      1. utk penerimaan mahasiswa lagi saya kurang tahu mas, kapan. coba cek terus website unhannya.

      2. hingga di tahun ini biaya kuliah free, termasuk sarapan pagi dan makan siang (makan malam biaya sendiri), asrama. iya betul, palingan buat biaya pribadi kita aja lagi. katanya sih dikasi uang saku, tapi belum ada informasi yang pasti.

      3. Kalo tidak salah total pelamar unhan gel. 1 dan 2 sekitar 300an, yang keterima 247 kalo ga salah mas.

      Semoga jawaban saya membantu. Trims.

      Reply

  3. Phillip
    Dec 31, 2014 @ 21:42:49

    Hello mbak Dila, terimakasih atas artikelnya yang informatif. Maaf, sebelumnya saya ingin tanya, tes wawancara unhan ini menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris ya? Kan paper utk pendaftaran menggunakan bahasa inggris, apakah nanti penjelasan mengenai paper saja yang menggunakan bahasa inggris atau keseluruhan wawancara juga menggunakan bahasa inggris? Terimakasih sebelumnya mbak. Sukses selalu🙂

    Reply

    • DILAsaid
      Jan 01, 2015 @ 07:05:21

      halo mas.. untuk wawancara, sepertinya tergantung jurusannya mas. kemarin saya full bahasa indonesia, cuma saya diminta membacakan paper dalam bhs. inggris kemudian dijelaskan ke dalam bahasa indonesia.
      kalo dari jurusan lain saya dengar ada yang wawancaranya full bahasa inggris.

      Reply

  4. Ahmad Zuhri
    Apr 10, 2015 @ 17:37:16

    thanks infonya mba dilla
    boleh nanya y mba kalo kita nyoba jurusan strategi perang semesta, itu full english test wawancaranya?
    terus sudah kuliah disana kita dapat uang saku atau tidak mba?

    Reply

  5. DILAsaid
    Apr 12, 2015 @ 16:03:17

    Kita tidak dapat uang saku, mas. Uang sakunya dibiayai untuk uang makan, pagi, siang,dan malam. Untuk di angkatan saya sepeti itu, tidak tahun untuk tahun ajaran baru besok.

    Maaf untuk wawancana di SPS saya kurang tahu, mas..

    Reply

  6. Putri
    Apr 14, 2015 @ 09:19:23

    sore mbak, mau tanya, biasanya kalau lulusan Unhan itu terus jenjang karirnya bisa lanjut kemana ya, mbak? terimakasih ^^

    Reply

  7. DILAsaid
    Apr 16, 2015 @ 10:29:49

    Tergantung jurusan, Mba. Kalau misalnya Manajemen Bencana, bisa bekerja di BNPB atau BPBD. Namun, di Unhan tidak terikat oleh kontrak. Jadi setelah lulus musti cari kerja masing-masing, layaknya di S1.

    Reply

  8. Rere
    Oct 14, 2015 @ 14:16:34

    Kak, mau tanya.. untuk masa kuliah nya apakah benar 1,5 tahun? soalnya untuk S2 saat ini, sudah banyak yang masa perkuliahannya sampai 4 tahun kak.. mohon infonya kak..trims

    Reply

  9. Rere
    Oct 14, 2015 @ 14:18:46

    Kak, mau tanya.. untuk masa kuliah nya berapa tahun kak?Trims..

    Reply

  10. via
    Jan 20, 2016 @ 14:20:20

    Mba dila.. Punya medsos kaya twitter/ig/line ? Saya ingin bertanya lgsg tentang unhan. Ohiya mba, waktu buat surat rekomendasi itu bikin sendiri atau dr pihak kampus pas S1 ?
    Terima kasih..

    Reply

  11. indah
    Jan 22, 2016 @ 06:05:19

    HALLO MBA DILLA terimakasih atas experience yg sudah di share, mba saya mau tanya untuk skor toefl dan TPA mba waktu dinyatakan lulus sampai ke tahap seleksi wawancara kemarin berapa? kira2 ada kemungkinan ga untuk diterima bagi skor kurang dari 500 dan 550 untuk TPA nya? terimakasih

    Reply

  12. indah
    Jan 22, 2016 @ 06:11:45

    oia mba sekalian mau tanya lagi untuk manajemen bencana di UNHAN lebih kearah mana ya pembelajaran dan harapan yang diinginkan unhan sendiri kepada setiap mahasiswa/i nya?

    Reply

  13. farah asmarany
    Feb 18, 2016 @ 07:14:10

    Mbak Dila saya mau tanya, waktu mbak buat essay, nyantumin sumbernya di footnote gak mbak?

    Trims

    Reply

  14. wahyu
    Mar 24, 2016 @ 08:05:06

    Mba dila, mau tanya. Yg mau masuk ke s2 ketahanan energi dr fresh grafuate bisa ngga sih sebenernya. Krn di info broadcast boleh gresh grade, tp di web unhan harus tni, polisi sm pns. Mohon kejelasan info dr mba dila ya. Terimakasih.

    Reply

  15. dhana
    Mar 31, 2016 @ 14:29:00

    mbak mau tanya, untuk tes tpa numeriknya soal2 kayak geometri dan deret biasanya keluar gak ya? kalo soal2 menentukan jaring2 kubus sama nentuin pola gambar keluar gak ya?

    Reply

  16. DILAsaid
    Mar 31, 2016 @ 15:37:45

    saya lupa jenis soal matematikanya secara spesifik gimana mas, tapi kalo ga salah soal deret gitu ada, tapi untuk menghitung jaring2 kubus dan sejenis itu nggak ada.

    Reply

  17. dhana
    Apr 02, 2016 @ 21:33:28

    Lulusan unhan biasanya nyari kerja sulit gak mbak? Kerjanya dmn aja biasanya?

    Reply

  18. sigit
    Apr 04, 2016 @ 12:02:13

    kalau misalnya sudah PNS,kemudian lulus dari UNHAN,apakah nanti akan bekerja lgi sesuai dg SK PNS awal atau boleh melamaar pekerjaan di BNPB atau BPBD mba,,,di tunggu jawabanya,terimakasih

    Reply

  19. Inwas
    Apr 26, 2016 @ 07:06:33

    Mhon infony mbak DILA untuk jurusan MB tahun lalu berpa orang yang diterima Mbak ?

    Reply

  20. Inwas
    May 03, 2016 @ 02:22:28

    Kira2 ap aja perlengkpn yg perlu dibawa buat tes tertulis mbak ?

    Reply

  21. Rizki
    May 29, 2016 @ 22:56:24

    Halo Kak Dila, mhn izin bertanya.
    Kalau untuk tes wawancara sendiri, kira-kira satu orang dapat waktu berapa lama ya?
    Oh iya, menurut sepengetahuan Kak Dila dan pengalaman teman2, apakah bahasa Inggris hanya digunakan ketika menerangkan paper saja atau ada juga yang full wawancara dalam bahasa Inggris dari awal hingga akhir?
    Kemudian, untuk performance tes dalam hubungan kelompok itu jenis tes seperti diskusi kelompok (fgd/lgd) atau sejenisnya kah?
    Terima kasih.

    Reply

  22. DILAsaid
    May 29, 2016 @ 23:12:05

    waktu tiap orang beda2 mas, rata2 15 menit sih, tapi waktu itu ada yang sampai setengah jam.
    untuk bahasa inggris tergantung jurusannya apa, biasanya jurusan yang banyak englishnya itu di Manajemen Pertahanan, dan beberapa di Diplomasi Pertahanan. Temenku yang di DP pas wawancara, full english dari awal sampai akhir.
    Untuk group interview di angkatanku dulu ga ada, diangkatan ini baru diterapin. sorry ga bisa bantu jawab..

    Reply

  23. yatna
    Jun 15, 2016 @ 02:33:39

    Asslmkm Dillaa,, saya ingin mendaftar d prodi manajemen bencana, kalau dari Diploma IV apa bisa?

    Reply

  24. mila
    Aug 18, 2016 @ 02:29:58

    Mba prospek kerja lulusan unhan gimana ya mba? Tolong di jawab. Nanti stelah lulus S2 direkrut apa cari kerja sendiri?

    Reply

  25. Diyanah
    Dec 01, 2016 @ 12:20:18

    Hallo kak dila, assalamualaikum.
    Saya diyanah kak, rencananya saya mau lanjut kuliah. Kl daftar k unhan itu hrs udh ada pengalaman kerja min 2 tahun itu bner engga sih? Kl fresh graduate ga bisa ya?

    Reply

Leave a Reply

