Pencitraan Dahlan Iskan, Copycat Gaya Steve Jobs (?)

Istilah copycat dalam kamus yakni someone who copies the words or behavior of another, atau kalau Bahasa Indonesianya, peniru.

Well, mengapa saya katakan Dahlan Iskan copycat alias peniru gaya ex-Ceo Apple, Steve Jobs? Dugaan saya ini bisa saja salah tapi juga bisa benar dong. Saya menyadari hal tersebut setelah menonton film biografi Steve Jobs yang berjudul Jobs. Nah, dari sanalah saya tersadar bahwa salah satu menteri Indonesia yang cukup kontroversial ini, yang terkenal sangat narsis dan ultra-pencitraan ini, bisa jadi meniru gaya Steve Jobs khususnya pada sepatu.

Bukan rahasia lagi, pria satu ini melakukan apa saja demi pencitraan yang ujung-ujungnya dapat menarik simpati rakyat. Semua ini dia lakukan melalui tangan kanan dan media-medianya. Selain punya ratusan koran, 56 TV lokal, majalah, media online, dll, Dahlan Iskan juga punya antek-antek Ketua PWI di pusat dan daerah (sumber: Triomacan2000).

Kembali lagi pada kasus sepatu. Jika diperhatikan dengan cermat, sepatu yang dikenakan Dahlan memang sempat menarik perhatian media dan tentu saja rakyat Indonesia. Demi memuluskan pencitraannya, Dahlan pun melaunching sebuah novel yang diberi judul Sepatu Dahlan. Yah, pengalaman puluhan tahun di media tampaknya membuat dirinya cerdik menyusun trik-trik pencitraan. Tapiiii, tunggu dulu, kasus sepatu ini membuat saya senyum-senyum sinis karena pencitraan Dahlan Iskan ini sama sekali tidak kreatif.

Bagi yang belum menonton film Jobs, silahkan tonton dulu dan Anda akan tahu apa yang saya maksud. Tak hanya sepatu, tetapi juga body language Steve Jobs ketika berbicara di hadapan forum juga ditiru Dahlan Iskan.

dahlaniskan-stevejobs

Mencari perhatian, pencitraan, dan mendapatkan sanjungan memang Dahlan Iskan rajanya. Di blognya saja dia juga sempat bercerita bahwa dirinya menjadi tempat belajar (kalau bagi saya itu mah“konsultasi pencitraan”) bagi para Dirut-dirut BUMN. Dahlan menulis bagaimana Dirut-dirut tersebut “belajar” senyum tulus (jadi bibir aja nih yang tulus, hati seperti harimau) hehe… Jika Anda juga memperhatikan blognya, tulisan Dahlan Iskan juga penuuuuh dengan pencitraan.

Oh iya, di salah satu forum juga dikatakan bahwa gaya penulisan Dahlan Iskan juga mirip dengan gaya penulisan Steve Jobs. Ntahlah, mungkin Dahlan Iskan pencinta berat Jobs sehingga apa yang ada di diri Jobs ia tiru. Jadi pertanyannya, kemana jati diri Dahlan Iskan yang sebenarnya?

Well, apa yang saya paparkan berbalik lagi kepada keyakinan Anda masing-masing. Ini hanya opini, bisa salah dan tentu bisa benar. Hehe… Dan jika ditanya saya pro atau kontra dengan Dahlan Iskan, saya tegaskan saya kontra dengan beliau. Karena memang saya sangat nausea dengan pencitraan-pencitraan yang ia perbuat. Namanya juga orang media, eh, RAJA MEDIA, jadi sangat-sangat lihai membuat pencitraan. []

©dilanovia 12122013 13:05

Leave a Reply

