Indonesia Kaya Tapi Miskin

image

Siang tadi salah seorang senior saya mengirimkan broadcast message yang sangat menggugah pikiran dan hati ini. Bagaimana tidak cerita ini membuat saya bangga sekaligus sedih sebagai bangsa indonesia. Berikut isi pesannya.

Kisah Nyata Mahasiswa Indonesia di Australia

Suatu pagi kami jemput client, orang tersebut sudah tua. Bapak ini seorang pengusaha asal Singapura. Logat bicaranya gaya melayu dan english. Beliau menceritakan pengalaman hidupnya pada kami.
“Your country is so rich!” (negaramu sangat kaya). Dalam hatiku, “Ah, biasa banget denger kalimat itu”. Tapi tunggu, dia berkata, “Indonesia doesn’t need the world, but the world needs Indonesia. “Everything can be found here in Indonesia, you don’t need the world.” (Dunia yang butuh indonesia, bukan sebaliknya).
Indonesia paru-paru dunia.Tebang saja hutan di Kalimantan, dunia pasti kacau. Singapura is nothing, we can’t be rich without Indonesia. 500rb orang Indonesia berlibur ke Singapura tiap bulan. Bisa terbayang uang yang masuk ke kami. Apartemen-apartemen terbaru kami yang beli orang Indonesia. Tidak peduli harga selangit, laku keras. Lihatlah RS kami, isinya Indonesia semua. Terus, kalian tau bagaimana kalapnya pemerintah kami ketika asap kebakaran hutan Indonesia masuk? Sangat terasa, we are nothing!
Kalian tahu kan kalau kemarin dunia krisis beras. Termasuk di Singapura dan Malaysia? Kalian di Indonesia dengan mudah dapat beras. Liatlah negara kalian,air bersih di mana-mana. Lihatlah negara kami, air bersih pun kami impor dari Malaysia. Saya ke Kalimantan pun dalam rangka bisnis karena pasirnya mengandung permata. Terlihat glitter kalau ada matahari bersinar. Penambang jual cuma Rp 3rb/kg ke pabrik China, si pabrik jual kembali seharga Rp 30rb/kg.
Kalian sadar tidak kalau negara-negara lain selalu takut mengembargo Indonesia! Ya, karena negara kalian memiliki segalanya. Mereka takut kalau kalian manjadi mandiri, makanya tidak diembargo. Harusnya KALIANLAH YANG MENGEMBARGO DIRI KALIAN SENDIRI. Belilah pangan dari petani-petani kaliansendiri. Belilah tekstil garmen dari pabrik2 sendiri. Tak perlu impor kalau bisa produk sendiri. Jika kalian bisa mandiri, bisa MENGEMBARGO DIRI SENDIRI, INDONESIA WILL RULE THE WORLD!! (Indonesia akan mengatur dunia)”.

Nah, bagaimana? Saya benar-benar gregetan membaca Bc tersebut. Indonesia di mata dunia adalah bangka yang kaya, tetapi mengapa kita sendiri merasa negeri ini miskin? Ada beberapa pertanyaan yang menggelayut di pikiran ini. Apakah bangsa Indonesia terlalu “lalai” menjaga kekayaan bangsa ini, atau apakah bangsa lain yang terlalu “cerdik” mengurasnya?

©dilanovia 21112013 15:19

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: