OPPO N1, Smartphone Berbalut Kecanggihan Nan Menawan

Bebebrapa tahun belakangan manusia di planet ini dihebohkan dengan kehadiran ponsel pintar alias smartphone. Kecanggihan teknologi yang hadir pada perangkat ini mampu memanjakan makhluk bumi karena dapat mempermudah berbagai kegiatan.

Eh, masih ada yang belum tahu apa itu smarthpone? Haiss, gawat nih. By the way, smartphone itu bukan jenis musik, bukan jenis makanan, apalagi jenis penyakit akut yang menyerang para jejomlo ketika meratapi ke-jom-lo-an-nya

Terus smartphone apaan, Dil?

Smartphone itu… Yah, smartphone itu layaknya miniatur komputer dengan kemampuan ponsel yang dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, atau bahasa kerennya multi tasking. Dikatakan pintar karena perangkat ini memiliki fitur-fitur canggih seperti kemampuan menjelajah internet dengan cepat, mengirim-menerima e-mail, membaca e-book, bisa juga sebagai “asisten” pribadi lho, dan buanyaaaak kemampuan lain.

Karena smartphone tidak mengikuti program Keluarga Berencana, *eh.. perkembangan perangkat ini sangat pesat, sob. Tapi, tidak pesat sembarang pesat, tidak smartphone sembarang smartphone. Teknologi yang tertancap di dalam sebuah smartphone juga perlu diketahui. Jangankan bicara lintas dunia, di Indonesia saja banyak bertaburan merek smartphone. Namun, teknologi smartphone yang teranyar dan tercanggih saat ini ada di genggaman OPPO Smartphone.

OPPO Smartphone?

Yes, OPPO Smartphone. OPPO merupakan salah satu merek smartphone kelas dunia, sob! Meski terbilang baru, produknya banyak diburu para penggila gadget, lho. And you should know, sob, OPPO selalu menghadirkan teknologi bermutu di ujung kuku.

oppo gif

Eits, masih ada yang belum tahu tentang OPPO? Baiklah, yuk kita intip tapakan langkah perjalanan perusahaan ini

banner oppo

OPPO Electronics Corp, itulah nama lengkap perusahaan yang didirikan pada tahun 2004 di Guangdong, Cina ini. Guangdong sendiri merupakan sebuah propinsi pertama di pesisir tenggara Republik Rakyat Cina yang menjadi zona ekonomi khusus dan kemudian membawa propinsi ini menjadi propinsi penyumbang GDP alias Gross Domestic Product terbesar bagi ekonomi RRC.

Nah, selama sembilan tahun berkarya, OPPO Electronics Corp sudah banyak menelurkan berbagai jenis alat elektronik seperti, MP3 player, LCD TV , e-book , DVD, dan Blu-ray player. OPPO juga mempunyai anak perusahaan bernama OPPO Digital Inc yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat.

Berdiri di tahun yang sama dengan induk perusahaanya, OPPO Digital Inc sangat terkenal dengan kecanggihan DVD dan Blu-ray playernya, sob. Hal ini terbukti dengan penghargaan yang diperoleh OPPO sebagai peringkat satu Best Blu-ray Disc Player Brand 2013. Selain itu, brand ini juga meraih gelar sebagai Best Of 2013 Blue Note Equipment Awards. Hebatnya lagi, penghargaan ini sudah diraih OPPO sebanyak tiga kali. Penghargaan lain juga masih banyak, sob. Awesome, bukan?

Waw, iya, jempol buat OPPO! Lanjut dong Dil ceritanya..

Nah, OPPO merupakan perusahaan elektronik yang selalu berinovasi dengan cerdas dan kreatif. Berhasil diperangkat audio visual, OPPO melebarkan sayapnya ke pasar smartphone pada tahun 2008. Ponsel perdana besutan OPPO yakni OPPO Smile. Selang tiga tahun setelah itu, OPPO dengan bangga mengenalkan tiga smartphonenya sekaligus, yakni OPPO Real, OPPO Ulike, dan OPPO Find. Hebatnya lagi, ketiga smartphone ini memiliki target market masing-masing.

OPPO Real dipasarkan khusus untuk para remaja. Melalui berbagai perubahan UI dan desain dari produk sebelumnya, brand ini membidik para kaula muda yang cenderung suka mendengarkan musik, bermain game, berbagi foto, namun tetap up to date dengan teman-teman mereka melalui Weibo maupun QQ (jejaring sosial ala China).

Selanjutnya, kaum hawa menjadi target market untuk OPPO Ulike. Karena kebanyakan para wanita suka banget jeprat-jepret, OPPO membenamkan 5MP di kamera depannya. Sista yang hobi ngaca juga nggak perlu lagi repot-repot membawa kaca atau malah ngaca di kaca mobil. Tak sampai di situ, kamera ini memiliki dua pilihan pencahayaan yang yummy banget. Salah satunya sebagai pelangsing dan yang satunya untuk memutihkan kulit. Kebayang kan betapa inovatifnya brand ini.

Satu lagi nih, OPPO Find series yang dikhususkan bagi kalangan pebisnis. Produk ini memiliki prosesor sangat cepat yang membantu penggunanya tetap terhubung dan bekerja jauh lebih cepat melalui RAM yang kuat. Tampilan antarmuka yang lebih interaktif, memudahkan pengguna untuk mengakses email, pesan, ataupun panggilan masuk dengan cepat.

The first OPPO series

The first OPPO series

Ngomong-ngomong masalah market nih, sob, OPPO telah meramaikan pasar dunia seperti Rusia, Vietnam, Thailand, dan Kanada. Sejauh ini, OPPO juga akan mengembangkan pasar ke Meksiko dan Brasil. Sementara, untuk promosi, OPPO telah menghabiskan biaya sebesar 800 ribu US Dollar. Nah, terlihat kan bagaimana keseriusan perusahaan ini dalam merambah pasar smartphone internasional?

Tak hanya itu, tahun 2011 lalu OPPO juga menggaet bintang Hollywood Leonardo DiCaprio sebagai brand ambassadornya. Iklan berdurasi keseluruhan sekitar 1 menit 55 detik ini dibuat layaknya sebuah film khas bintang asal Amerika tersebut. Dalam adegan iklan yang dibuat di Paris ini Leonardo tampak sedang mencari seorang wanita misterius. Ssst… kabarnya nih, sob, aktor berzodiak scorpio ini dibayar sebesar 5 juta US Dollar! Waaah…

Leonardo DiCaprio menjadi brand ambassador OPPO

Leonardo DiCaprio menjadi brand ambassador OPPO

Di Indonesia sendiri, sejak merek OPPO masuk ke Indonesia pada bulan April silam, hingga September 2013 ini OPPO telah memiliki 21 cabang gerai di seluruh Indonesia. Banyaknya gerai OPPO di Indonesia merupakan jawaban atas semakin bertumbuhnya pasar smartphone ini. Terlihat sekali daya beli masyarakat dengan produk OPPO sudah sangat tinggi, sob. Nah, bisa dipastikan nih sob kalau ekspansi pasar OPPO akan terus diperluas.

Oya, sudah tahukah sobat, dalam berkiprah di arena smartphone ini OPPO mengusung tema Go Green. Ya, perhatian OPPO juga tak luput terhadap kondisi alam di jagad raya ini. Konsep Go Green tersebut terlihat dari logo OPPO yang berwarna hijau. Selain itu, OPPO juga menggunakan box atau kemasan yang kecil yang bertujuan menghemat penggunaan kertas.

Nah, begitulah sepenggal cerita tentang OPPO. Terlihat kan bagaimana OPPO Smartphone peduli akan kebutuhan kita yang terus haus akan kecanggihan teknologi? Bagaimana tidak, “The Highest Quality Standart” dan “Customers First” merupakan cara OPPO untuk menunjukkan dedikasinya kepada para konsumen.

kutipan 1

Wah, jadi pengen punya OPPO nih, Dil..

Ngiler kan dengan kecanggihan OPPO? Apalagi kalau saya ceritakan teknologi teranyar OPPO saat ini yaitu OPPO N1. Smartphoe ini dilengkapi rotation camera 13MP, sob. Ada O-Touch, O-Click, serta Color OS yang dibalut dengan Android Jelly Bean 4.2.1 jugaaa.

Kamera putar? O-Touch? O-Click? Apaan tuh? Cerita lagi dong Dil, pleaseee…

Oho, My pleasure! Etapi, sebelum saya paparkan lebih lanjut spesifikasi N1, saya akan menceritakan bagaimana kemegahan peluncuran smartphone yang menawan hati ini di Ritz-Carlton Pacific Place akarta, 16 Oktber lalu. Check this out!

BANNER OPPO 2

As always, lagi-lagi Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah dalam launching produk smartphone terbaru. Untuk OPPO N1, Indonesia terpilih sebagai negara kedua setelah negara asalnya, Cina yang diadakan di AOYA Exhibition Center Beijing, 23 September lalu. Tak hanya produknya yang unik, acara yang dibanjiri sekitar 1500 undangan ini dibuka dengan cara yang apik dan unik pula.

Acara dibuka dengan LED Dancer Performance. Tak ketinggalan, di atas panggung yang cukup luas itu, para karyawan OPPO juga ikut menari dengan energik. Tarian yang diiringi oleh lagu berbahasa Mandarin ini pun turut mengundang semangat para tamu yang datang. Jelas, para petinggi Oppo Indonesia pun tak mau ketinggalan. Mereka turut bergabung bersama karyawan lainnya menari ala flashmob.

Tarian enerjik ini disebut sebagai ‘Oppo Dance’ yang mewakili semangat Tim OPPO Indonesia dalam mengekspansi pasar smartphone di negara ini. Oya, sekedar informasi nih, sob. OPPO Dance bukan tarian pertama yang dipertontonkan, lho. Karyawan dan petinggi OPPO pernah melakukannya di acara peluncuran OPPO Find 5 sekaligus menandai masuknya OPPO di Indonesia bulan April lalu.

Nah, setelah seru-seruan ber-Oppo Dance, giliran Bapak Jet Lee selaku CEO OPPO Indonesia yang memberikan kata sambutan (atau kalau orang Melayu bilang “sekapur sirih”). Dalam kesempatan itu, Bapak Lee menjelaskan bahwa pada OPPO N1 terdapat banyak kehandalan dalam sisi kamera dan fitur yang membantu pengguna dalam meningkatkan mobilitasnya.

Tak lama berselang, hadirin dibuat kagum dengan presentasi dari Bapak Effendy Asisten CEO OPPO Indonesia tentang OPPO N1. Beberapa model pun turut memperagakan penggunaan ponsel cerdas yang satu ini. Nah, Penasaran bagaimana suasana ketika peluncuran OPPO N1 ini? Yuk, simak foto-foto berikut:

launching oppo (6)

Launch OPPON1 dibuka dengan LED Dancer Performance

Sambutan dari CEO OPPO Indonesia Bapak Jet Lee

Sambutan dari CEO OPPO Indonesia Bapak Jet Lee

launching oppo (7)

Presentasi dari Bapak Effendy, Asisten CEO OPPO Indonesia tentang OPPO N1

presentasi tentang O-Touch pada N1, layar sentuh belakang pertama di dunia

presentasi tentang O-Touch pada N1, layar sentuh belakang pertama di dunia

Sob, inilah OPPO N1. Smartphone pertama dengan kamera putar yang menawan

Yay, inilah OPPO N1. Smartphone pertama dengan layar putar

Kamera terdari dari 67 bagian yang berbeda

Kameranys terdari dari 67 bagian yang berbeda

Presentasi tentang teknologi Pure Image yang hadir di OPPO N1

Presentasi tentang teknologi Pure Image yang hadir di OPPO N1

O-Click, remote pintar yg berfungsi sebagai shutter camera dan juga berfungsi sebagai alarm

O-Click, remote pintar yg berfungsi sebagai shutter camera dan juga berfungsi sebagai alarm

Buat yang cewek-cewek, pasti bakalan suka sama fitur ini, Beauty Plus 3.0 :)

Sista-sista pasti bakalan suka deh sama fitur ini, Beauty Plus 3.0🙂

ColorOS, ROM khusus besutan OPPO akan hadir di OPPO N1 yang mendukung Multi Gestures Demontration

ColorOS, ROM khusus besutan OPPO akan hadir di OPPO N1 yang mendukung Multi Gestures Demontration

Sumber

Wow, keren banget acaranya, Dil. Ada dance pula!

Iya, keren kan ya launchingnya. Sayang sekali saya tidak masuk daftar undangan. Coba kalau diundang, saya pasti datang. Hehe.. Well, demikian gambaran acara peluncuran OPPO N1 di Indonesia yang asik, unik, dan keren abis! Nah, kita balik membahas spesifikasi OPPO N1. Bagi yang curious akut, simak terus pemaparan saya tentang si menawan N1

Seperti yang saya katakan sebelumnya, OPPO terus melakukan inovasi-inovasi yang memikat hati. Mungkin tak terbanyang oleh kita sebelumnya, ada kamera handphone yang bisa berputar hingga 206 derajat, ada remote control yang berfungsi mengambil foto dari jarak hingga 15 meter, atau menyentuh handphone cukup di bagian “punggung” saja guna memberikan kemudahan ketika mengoperasikannya meski dengan satu tangan.

Kesemua hal yang dulunya mustahil itu ditepis oleh OPPO dan perusahaan ini menghadirkan fitur canggih tersebut melalui OPPO N1. Setelah sukses dengan Find 5, OPPO tak berhenti menggebrak pasar smartphone dunia dengan meluncurkan N1 yang mengandalkan kamera berputar serta fitur sentuh belakangnya. Diyakini bahwa fitur yang dimiliki OPPO N1 akan menjadi trend terbaru di industri smartphone pada tahun 2013 ini lho.

banner oppo 3

Oppo sangat serius dalam mengembangkan produk barunya. Hal ini tampak dari begitu banyaknya fitur menarik yang disematkan. Untuk lebih jelasnya, yuk lihat spesifikasi OPPO N1 berikut:

SPESIFIKASI OPPO N1 (DILA

Masih kurang jelas ya? Maklum, desain grafis saya mah masih amatiran. Mau lihat yang lebih real bagaimana menawannya OPPO N1 ini? Yuk, simak spesifikasi versi videonya di bawah ini. Hati-hati hatimu tertawan

Hanya decakan kagum yang keluar dari mulut saya ketika melihat video di atas. Saya rasa kamu juga demikian, bukan? Bagaimana tidak, dengan layar 5,9 inch mungkin banyak pengguna smartphone yang kesulitan mengoperasikannya dengan satu tangan. Tapi tidak dengan OPPO N1. Di bagian belakang OPPO N1, terdapat area touchpad yang dibatasi dengan gambar kotak. Touchpad yang disebut O-Touch ini bisa mengenali sentuhan serta gesture yang dilakukan oleh jari tangan.

Melalui fitur O-Touch, OPPO N1 mampu dioperasikan dengan menyentuh bagian belakangnya. Penggunaan O-Touch tidak hanya melihat galeri gambar saja, sob. Tapi berfungsi untuk browsing, mengambil gambar, mendengarkan musik, serta membaca e-book hanya dengan menyentuh bagian belakang tersebut.

The back is also interesting :D

The back is also interesting😀

Tidak hanya layar sentuh belakang saja, N1 juga memiliki inovasi istimewa lainnya, kamera berputar 206 derajat di dunia! Mengandalkan sensor 13MP dengan aperture sangat lebar di kameranya, yakni f/2.0. Bukaan lebar ini menguntungkan pengguna saat memotret di kegelapan. Lensanya tersusun dari 6 elemen, N1 merupakan smartphone Android pertama yang memiliki elemen lensa sebanyak itu. Waaaw…

Nggak usah ragu, sob. Penahan kamera untuk berputar itu sendiri sudah melakukan pengujian hingga 100 ribu kali dengan posisi yang berbeda. Hasilnya, penahan kamera berputar ini mampu digunakan hingga 7 tahun, dengan putaran perharinya berkisar 40 kali putaran

kamera N1 bisa berputar 206 derajat

Kamera N1 bisa berputar 206 derajat

Nah, inovasi cerdas lain yang diberikan OPPO N1 adalah dengan O-Click. O-Click terhubung secara nirkabel ke N1 melalui bluetooth. Alat kecil yang bekerja sebagai remote control ini bisa berfungsi sebagai alarm. Jadi kalau salah satunya terpisah dari jangkauan 15 meter nih, smartphone N1 akan berbunyi. Kalau kita lupa manaruh N1 di mana, O-Click juga membantu untuk mencarinya cukup dengan menekan O-Click, begitupun sebaliknya. Jadi, sobat semua nggak perlu repot-repot misscall pakai handphone lain  Kasus handphone terselip atau hilang dapat dihindari.

Adanya remote control O-Click juga memudahkan pengguna jika ingin mengambil foto berkelompok atau foto jarak jauh. Sehingga pengguna N1 memiliki banyak opsi dan metoda untuk mengambil gambar, di samping menggunakan suara atau pergerakan jari/gesture.

O-Click si multifungsi

O-Click si mungil yang multifungsi

OPPO N1 didesain dengan bodi berlapis yang telah melalui 14 kali molding yang berbeda. Sehingga, OPPO N1 masih tetap ringan untuk ditenteng. Bagian belakangnya yang sedikit melengkung didesain agar OPPO N1 nyaman untuk digenggam bahkan dengan satu tangan. Jadi nggak ada tuh sob yang namanya “kepeleset” ketika megang handphone.

Kecanggihan OPPO N1 ditambah dengan adanya Color OS yang dikembangkan oleh OPPO sendiri. Color OS memudahkan penggunaan N1 seperti membuka aplikasi hanya dengan sentuhan satu jari, mengatur volume hanya dengan sentuhan dua jari, serta menangkap gambar dengan sentuhan tiga jari pada layar.

Tidak hanya mempercantik, Color OS juga hadir dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan pengguna mengoperasikan perangkat ini. Contohnya, hanya dengan membuat gerakan tertentu di layar dengan jari, pengguna bisa menyalakan ponsel ini, kamera, dan beberapa aplikasi. Pengguna juga dapat melakukan beberapa gestur sederhana untuk mengatur volume dan mengambil screenshot pada layar.

Spesifikasi lainnya nggak usah diragukan. OPPO N1 ini sendiri menggunakan SoC dari Qualcomm dengan Snapdragon 600 yang menggunakan prosesor Krait Quat Core berkecepatan 1,7 GHz serta GPU Adreno 320. RAM yang terpasang pada perangkat ini adalah 2 GB dengan internalmemori16 GB. Seperti pada beberapa smartphone OPPO lainnya nih sob, tidak ada slot microSD pada N1 ini. Smartphone ini juga menggunakan Micro SIM yang didukung oleh teknologi NFC alias Near field communication. Itu lho, perangkat standard yang memungkin smartphone dan perangkat lain bisa berkomunikasi ketika didekatkan.

So, jangan ada kata bimbang lagi deh, sob. OPPO N1 ini dihasilkan dengan proses riset panjang hingga 18 bulan lamanya. Riset ini meliputi uji temperatur, uji kelayakan aplikasi, uji kelembaban, uji ketahanan bahan pada cuaca, dan lain-lain.

Asli, pengen banget punya OPPO N1, Dil..

banner oppo 4

Yes, everyone, saya pengen banget bisa memiliki OPPO N1 ini. Mengapa?

  • Saya salah seorang penggila gadget namun statusisasi kemakmuran saya berada di bawah rata-rata para penggila gadget yang bisa membeli gadget “wah” dengan harga yang “wah” pula
  • Meski demikian, saat ini saya senang bisa menjadi salah satu OFans dan bisa mencicipi canggihnya teknologi OPPO Smartphone, yakni OPPO Find Muse.
  • Sekedar informasi, brand image OPPO Smartphone di kota saya (Pekanbaru)–SEPENGETAHUAN saya–masih minim sekali. Malah ketika membeli handphone ini di outlet di salah satu mall Pekanbaru, owner store yang malah banyak bertanya ke saya tentang kehebatan OPPO ini.
  • Sejak menggunakan OPPO (tertanggal 20 September 2013), saya jadi sering mendengar teman-teman ketika melihat handphone saya sembari berkata “oh, ini ya yang OPPO itu, bagus nggak?”. Of course, dengan bangga saya menyatakan bahwa OPPO IS MY BEST FRIEND!
  • Kadang saya sepertinya malah menjadi Independent Sales Promotion karena sering kali orang-orang bertanya bagaimana kecanggihan OPPO ini. Saya berusaha menjawab sepengetahuan saya. Namun di sisi lain SAYA BANGGA, sudah menjadi user produk canggih ini sementara yang lain masih minim informasi. Yah, setidaknya saya punya kesempatan untuk memberikan informasi dan mempersuasi mereka untuk menggunakan OPPO juga! Siapa tahu dengan pengalaman seperti itu, saya bisa menjadi Head Marketing OPPO Smartphone Pekanbaru. Hihi…
  • Nah, menggunakan OPPO FInd Muse saja saya sudah seneng, APALAGI OPPO N1 YANG TEKNOLOGINYA JAUUUUH DI ATAS MUSE. Pasti ada rasa kepuasan tersendiri bagi saya menggunakan N1 yang sangat canggih dan gahar ini.
  • N1 memiliki teknologi yang memang saya butuhkan dari sebuah smartphone yakni fasilitas O-click. Saya punya sifat pelupa akut. Dengan adanya O-click bila mana saya lupa menaruh gadget canggih ini, saya tinggal gunakan O-click saja. Nggak pakai cara zaman purba dulu yang musti misscall. Tapi mudah-mudahan nggak pernah kelupaan deh. N1 bakalan saya jaga sebaik mungkin! 
  • Saya juga senang banget mengabadikan sebuah momen. Kemana pergi nggak komplit rasanya kalau nggak bawa kamera (karena nggak punya kamera, jadi yang saya gunakan kamera handphone). Nah, dengan fasilitas rotation camera 13MP N1 yang keceh banget, pastinya momen berharga akan terasa lebih berharga lagi bila diabadikan dengan N1. Apalagi ketika foto bareng keluarga dan teman-teman, saya nggak musti takut kalau dapat giliran jadi tukang foto dan takut nggak masuk kamera karena ada O-Click.
  • Oke, ini bagian yang paling penting untuk panitia. Saya menulis bagian ini pukul empat lewat dua menit, sore. Dan hingga detik ini pula saya belum tidur dari semalem hanya untuk menyelesaikan tulisan ini. Boleh percaya boleh enggak. I am GLAD dan SANGAT PUAS if I could finished this artikel sebaik dan semampu saya. Inilah yang bisa saya lakukan saking inginnya saya mendapatkan OPPO N1 yang disediakan OPPO Indonesia🙂
  • BUT, I know this is competition, ada yang menang dan ada yang BELUM MENANG. Jika memang masih banyak teman-teman blogger yang artikelnya lebih bagus dan mereka menang, itu adalah buah dari hasil kerja keras mereka. If I am lost, I still happy karena setidaknya tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan dan saya senang jika ada yang mengetahui bahwa SAYA BANGGA MENGGUNAKAN OPPO SMARTPHONE
  • Dengan kemampuan saya yang belum seberapa, saya mencoba membuat sebuah video. Videonya ada di bagian bawah tulisan ini. Semoga panitia suka ya . Ketika kata-kata tak dapat meyakini, semoga video ini mewakili keinginan dan kesungguhan hati.

IMG_20131025_bb163106

MYBLOG

Demikian gambaran saya tentang OPPO N1. Semoga artikel ini berbuah ilmu bagi sobat semua dan berbuah N1 bagi saya. Saya tunggu komentar berupa kritik dan sarannya ya. Jangan lupa kunjungi website OPPO di sini, like fanpage facebooknya (Indonesia) di sini. Kamu juga bisa gabung di OPPO Indonesia Fans Community untuk share dengan sesama pengguna OPPO Smartphone di sini dan yang terakhir, jangan lupa follow akun twitternya @OPPOIndonesia. Follow saya juga boleh bangeeet. .

Artikel ini saya tulis dalam rangka kontes blog dari OPPO Indonesia yang diadakan untuk memperkenalkan smartphone flagship terbaru dari OPPO, yaitu OPPO N1. Mau ikutan? Klik banner di bawah ini aja, sob! Oya, sebelum menulis dan posting artikel, ada baiknya baca rules dulu ya. Sekian dan Xièxie…

Aku & OPPO N1
Onion36

40 Comments (+add yours?)

  1. Mr. FS
    Oct 25, 2013 @ 10:55:50

    Beliin dong beb

    Reply

  2. salhazan
    Oct 26, 2013 @ 04:11:38

    interesting.. could be one of the reference to purchase my next smartphone..

    nice article Dila, keep on going!

    Reply

  3. Rafiandi Indra Adigana
    Oct 26, 2013 @ 12:38:29

    Artikel yang cukup informatif dan interaktif

    Kunjung balik ya.. http://pelajar-premium.blogspot.com/2013/10/oppo-n1-smartphone-dengan-spesifikasi.html#.Umu2ynDwbE1

    Reply

  4. Maya Arumningtias
    Oct 26, 2013 @ 23:49:21

    Ikutan kontes juga ya. Nice blog mbak..Penuturannya enak🙂
    Good luck mbak

    Reply

  5. arip
    Oct 27, 2013 @ 04:31:21

    Wah euy saingan nih buat dapetin si OPPO N1.

    Eh salam kenal ya kaka😀

    Reply

  6. Sapto Priyono
    Oct 27, 2013 @ 12:17:30

    Tiga huruf untuk kaka dila

    T-O-P

    salut untuk deskripsi OPPO N1-nya kaka, sapto doain semoga menang🙂

    Reply

  7. Maria Ratna
    Oct 28, 2013 @ 01:28:45

    keren artikel nah dila,jadi nambah pengetahuan untuk ntar beli smartphone.😀

    Reply

  8. anza
    Oct 29, 2013 @ 05:52:55

    keren yak tulisan nya🙂
    semoga kita menjadi salah satu yg beruntung yak😉

    Reply

  9. agus
    Oct 29, 2013 @ 08:16:40

    good job

    Reply

  10. axl riga
    Oct 29, 2013 @ 08:25:50

    Nice !!! Bravo Vamos For u Agatha C/ J.K Rowling😀

    Reply

  11. Arne
    Oct 29, 2013 @ 11:02:02

    Artikelnya bagus…
    writing is easy to understand and also funny hehee …
    I was intrigued by its article …
    also to use the oppo …

    Reply

    • dilanovia
      Oct 29, 2013 @ 11:14:21

      hehe.. makasi sudah mau baca tulisan saya yang belum apa2 ini😀
      iya, abis ini pake OPPO ya. saya sudah pake yang Muse, keceh abis deh pokoknya!

      Reply

  12. Arne
    Oct 29, 2013 @ 13:10:31

    insyaallah…
    sbelumnya saya udh prnh coba punya tmn Find Muse R821, saya akui bagus…
    walopun sbelumnya msh betahan sm S Galaxy yg sm2 mengusung 4 keatas jelly bean.

    Reply

  13. dwi
    Oct 29, 2013 @ 21:54:51

    Reply

  14. Rahimi Fitri
    Oct 30, 2013 @ 11:35:19

    Nice artikel! Good luck ya

    Reply

  15. Winda Agustina
    Oct 30, 2013 @ 11:39:40

    Tulisannya keren.. Salam kenal dari Medan🙂

    Reply

  16. Maulana Fitra
    Oct 30, 2013 @ 12:07:11

    Smartphone yang keren. Tapi musti perlu banyak duit nih buat beli hehe..

    Reply

  17. ichsan
    Nov 02, 2013 @ 02:06:54

    kalo bisa artikel tentang produk asli indonesia hehehe

    Reply

  18. Joshep Van
    Nov 02, 2013 @ 20:50:19

    nice article. gue suka cara penuturannya, bikin2 penasaran🙂 good luck

    Reply

  19. myRaziq
    Nov 03, 2013 @ 10:43:34

    Waaah, anak Pekanbaru juga ternyata yaa. Sama-sama ikut juga😀
    Salam kenal yaa🙂

    Reply

  20. rully
    Nov 05, 2013 @ 12:19:46

    mntap juga info tntg hp smart phone nya…smgt trs y dila..

    Reply

  21. Januar
    Nov 09, 2013 @ 12:51:56

    Waw, HP canggih! keren banget buat yang hobi fotografi kayak gue B-)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: