Sebuah Pengorbanan (Inspired by More Than Blue Movie)

More Than Blue a.k.a Seulpeumboda Deo Seulpeun Iyagi a.k.a A Story Sadder Than Sadness, film yang bikin mengaduk-aduk perasaan. Awalnya sempet underistimate dengan film korea yang satu ini karena sejujurnya saya kurang suka dengan hal-hal berbau korea. Tapi setelah “dipaksa” nonton oleh seorang teman, saya mengerti mengapa dia begitu kekeh nyuruh saya nonton film ini. Ya, film ini berhasil membuat saya menangis.
Film More Than Blue memang sudah agak jadul (rilis 2009). Saya juga termasuk orang yang ketinggalan banget baru nonton. But never mind, yang pasti dari film ini saya jadi tahu bagaimana mencintai seseorang dengan tulus, berkorban demi kebahagiaan seseorang yang kita cintai a.k.a korban perasaan (sound stupid memang), dan mencintai seseorang dalam diam meski sebenarnya mulut ini ingin menjerit untuk mengatakan😦
Well, saya tidak akan menceritakan lebih banyak lagi tentang film ini karena sudah banyak yang memberikan reviewnya. Kali ini saya hanya ingin berbagi lirik soundtrack film ini, No One Else yang dibawakan oleh Le Seung Chul. Lagunya juga bikin sedih😦 :((

No One Else (Korean)

Cheonbeonigo dasi taeeonandedo
geureon saram tto eobseultejyo
seulpeun nae sarmeul ttatteutage haejul
cham gomaun saramimnida
geureon geudaereul wihaeseo naui simjangjjeumiya
eolmadeun apado joheunde
sarangiran geu mareun motaedo meongoseseo ireoke
baraman boado modeungeol julsu isseoseo
saranghalsu isseoseo
nan seulpeodo haengbokhamnida
na taeeona cheoeum gaseum tteollineun
ireon sarang tto eobseultejyo
mollae gamchwodun oraen gieoksoge dan hanaui sarangimnida
geureon geudaereul wihaeseo apeun nunmuljjeumiya
eolmadeun chameulsu inneunde
sarangiran geu mareun motaedo meongoseseo ireoke
baraman boado modeungeol julsu isseoseo
saranghalsu isseoseo
nan seulpeodo haengbokhamnida amugeotdo baraji anhado
geudae useojundamyeon nan haengbokhaltende
sarangeun juneungeonikka geujeo juneungeonikka
nan seulpeodo haengbokhamnida
***

No One Else (English)

Even if i’m reborn a thousand more times
There wouldn’t be another person like you..
The person who would warm up my sad life
I’m grateful for that person
for that person, my heart could hurt indefinitely
even if I can’t tell that I love you, the fact that I’m able to look at you from a distance,
give you everything and love you even if i’m sad, i’m happy
there is no other love in the world
that would make my chest shake with anticipation like this
my one love that I’ve hidden so far within my memories
for a person like you, I could endure painful tears indefinitely
even if I can’t tell that i love you, the fact that I’m able to look at you from a distance,
give you everything and love you
even if i’m sad, i’m happy
I don’t want anything else except your laughter
with it, I’ll be happy
because love is all about giving, just about giving
so even if i’m sad, i’m happy
***

Tak Ada yang Lain (Indonesia)

Bahkan jika aku terlahir kembali seribu kali
Tidak akan ada orang lain sepertimu ..
Orang yang akan menghangatkan kehidupan yang menyedihkan ini
Aku bersyukur untuk orang tersebut
Untuk orang itu, hatiku bisa tersakiti tanpa batas
Bahkan jika aku tak bisa mengatakan bahwa aku mencintaimu, fakta bahwa aku bisa melihatmu dari kejauhan, memberikanmu segalanya dan mencintaimu…
Bahkan jika aku sedih, aku bahagia
Tidak ada cinta lain di dunia yang akan membuat dadaku berdegub seperti ini
Satu cintaku telah kusembunyikan sedalam kenanganku
Untuk orang sepertimu, kubisa menahan air mata menyakitkan ini tanpa batas
Bahkan jika aku tak bisa mengatakan bahwa kumencintaimu, fakta bahwa aku bisa melihatmu dari kejauhan, memberikanmu segalanya, dan mencintaimu…
Bahkan jika aku sedih, aku bahagia
Aku tidak menginginkan apa pun kecuali tawamu
Dengan itu, aku akan senang
karena cinta adalah tentang memberi, hanya tentang memberikan
Bahkan jika aku sedih, aku bahagia
***

Huh, bener-bener mengaduk emosi. Saya sebagai penonton berpikir, bodoh banget ada makhluk-makhluk di dunia ini yang benar-benar memendam perasaan demi suatu alasan. Tapi, yah, namanya juga film. Yang pasti, the one thing that I must remember adalah “pentingnya pengorbanan”. Pengorbanan bukan masalah gender. Enggak peduli  wanita atau pria, pengorbanan untuk orang yang kita sayang tidak akan terasa melelahkan apalagi pamrih🙂 Pengorbanan demi orang yang kita sayangi bukan tentang uang di dompet, bensin di mobil, pulsa di handphone, atau bill ketika makan di restoran. Pengorbanan sejati adalah tentang hati yang tulus memberi dan mencintai🙂

“even if i’m sad, i’m happy

image

©dilanovia 18:47 22102013

1 Comment (+add yours?)

  1. Trackback: Dan Ketika Galau Datang… | tulisandila

Leave a Reply

