Makna Musik dalam Kehidupan Manusia

Ada yang menyukai musik karena melalui musik, seseorang dapat mempresentasikan emosinya yang tak dapat ia ungkapkan melalui kata-kata biasa. Ada yang bilang kalau musik merupakan perwakilan emosi jiwa seseorang. Bahkan ada yang menganggap bahwa sebuah musik tertentu menggambarkan soundtrack kehidupan seseorang.
Saya pribadi setuju dengan hal tersebut. Banyak musik diciptakan berdasarkan pengalaman pribadi penciptanya. Sehingga emosi si pencipta ketika menciptakan lagu itu mewakilkan emosi ratusan bahkan jutaan orang yang pernah mengalami hal serupa.
Saya juga suka mendengarkan musik. Bahkan ada beberapa musik yang sangat saya sukai karena liriknya benar-benar menggambarkan apa yang pernah saya alami. Mulai dari persahabatan, jatuh cinta, patah hati, bosan, pacaran jarak jauh, dan sebagainya. Ketika momennya pas, emosi kadang turut terbawa ketika mendengarkan musik-musik tersebut.
By the way, beberapa tahun belakangan ini saya seneng banget sama lagu-lagu Taylor Swift. Yah, banyak lagu-lagu swift yang match dengan kisah hidup saya, terutama tentang cinta. Haha..
Sering banget pas denger lagu Taylor Swift, saya senyum-senyum sendiri mengingat, “oh, dulu lagu ini pas jadian sama ini”, “ini lagu pas lagi ada masalah sama ini”, dan hal-hal nostalgila lainnya. Begitu juga dengan lagu dari penyanyi-penyanyi lainnya.
Musik memang dapat menjadi vitamin untuk hidup, tapi musik juga dapat menjadi racun. Musik menjadi vitamin ketika musik tersebut berisi lirik-lirik yang dapat membangkitkan semangat para pendengarnya. Sebalikny, musik menjadi racun ketika ketika ada masalah malah mendengarkan lagu sedih terutama lagu patah hati. Hal ini jika dilakukan berhari-hari dapat menurunkan semangat hidup. Boleh patah hati, tapi jangan berhari-hari.🙂
Well, musik bagi saya memiliki makna tersendiri dalam hidup ini. Bagaimana dengan Anda? []

©dilanovia 10:24 09102013

Leave a Reply

