Kabut Asap, Antara Ulah Manusia dan Bumi yang Menua

image

Jam dinding menunjukkan pukul 1 kurang 5 menit, dini hari. Mata saya tidak bisa terpejam sedikit pun. Padahal pagi ini ada kegiatan penting yang akan saya ikuti.
Sebenarnya bukan masalah susah tidur yang ingin saya keluhkan di tulisan ini. Tapi, asap. Ya, kabut asap. Asap yang mewarnai langit kota Pekanbaru bahkan Riau pada umumnya. Asap yang mencampuri udara yang telah kotor menjadi semakin kotor.
Awalnya pengaruh kabut asap ini tidak terlalu saya risaukan. Padahal, beberapa orang teman saya mengaku sangat terganggu dengan kabut asap ini. Ntah mengapa ketika mereka mengatakan bahwa di rumah mereka telah dipenuhi asap, anehnya di daerah tempat tinggal saya aman-aman saja.
Ya, itu kemarin. Tapi malam ini, saya merasakan apa yang mereka rasakan. Susah tidur dan ingin ke kamar mandi untuk buang air kecil membuat saya harus beranjak dari kamar menuju ujung rumah di mana kamar mandi saya berada. Seketika itu, saya melihat dapur saya sudah di penuhi asap.  Penasaran dengan apa yang terjadi, saya mendongakkan kepala ke luar dan ternyata kabut asap sudah berarak hingga ke daerah tempat tinggal saya. “Selamat datang, asap”, kalimat itu yang terlintas di pikiran saya.
Peristiwa kabut asap di Riau memang menjadi bahan perbincangan di berbagai media massa lokal bahkan nasional. Negara tetangga pun merasakan dampak kabut asap ini. Malaysia dan Singapura juga terkena kabut asap yang berasal dari Sumatera, Indonesia.
Berbagai penyebab mengapa kabut asap itu eksis akhir-akhir ini menggelayut di kepala saya. Tapi saya tidak tahu persis apa penyebab sebenarnya. Apakah karena ulah tangan jahil manusia? Atau karena bumi ini sudah semakin tua? Ntahlah, saudara-saudara.[]

©dilanovia 22062013 01:09

Leave a Reply

