Momen Berharga Bersama Ralph Tampubolon, Metro TV

Ralph Tampubolon

Bagi kamu yang ngefans sama Ralph Tampubolon jangan jealous. Ya, sungguh beruntungnya saya karena bisa bertemu langsung dengan salah seorang presenter Metro TV ini. Pertemuan saya dengannya ketika dia dan beberapa presesnter Metro TV lainnya (Prabu Revolusi, Sumi Yang, Yohana Margaretha) menjadi pembicara dalam acara Metro TV On Campus di Pekanbaru, Riau.

Meski awalnya pada saat kedatangan saya dan teman-teman ke acara itu mengalami hambatan, menguras tenaga dan emosi (terlibat sedikit cekcok dengan panitia), akhirnya saya bisa melihat secara orang-orang hebat itu, langsung di hadapan saya.

Berbicara mengenai Ralph Tambubolon, awalnya saya mengira pria kelahiran Jakarta, 24 Januari 1975 ini adalah pria yang arogan karena gaya membacakan beritanya yang terkesan cuek, dengan mimik wajah yang cuek pula. Tetapi, saya salah besar.

Ketika memberikan materi dalam acara yang tersebut, saya sungguh-sungguh terkesan. Dari sepenggal cerita hidupnya, saya berpikir dia berasal dari keluarga yang berada. Tapi, dari gaya bicaranya, dari apa yang dia sampaikan, dia adalah orang yang low profile. Dia sama sekali tidak menunjukkan dia itu orang yang hebat, orang berada, tidak sama sekali. Bahkan, ketika berbicara di hadapan banyak orang, dia tidak mau terkesan menggurui.

Gaya berbicaranya yang sangat baik dan rendah hati inilah yang membuat saya memilihnya untuk saya wawancarai. Hasil wawancara ini untuk media pers kampus di kampus saya.

Proses wawancara dengan dia pun cukup mudah. Ada salah seorang cameraman Metro TV yang sangat baik yang memperkenalkan saya dengan Ralph Tampubolon. Dengan persiapan yang nyaris tidak ada—hanya modal nekad, saya pun berhasil bertemu dengannya. Berbagai pertanyaan pun mengalir begitu saja di benak saya. Walaupun pertanyaannya tidak fokus, akhirnya saya bisa menyelesaikan proses wawancara itu dengan cukup baik.

Yang paling saya ingat saat wawancara itu ketika dia mengatakan,

“Saya nggak pernah menempatkan posisi saya untuk mengajari. Saya lebih senang diskusi, berbagi ilmu. Karena saya dulu juga mahasiswa, tahu betul bagaimana rasanya. Saya menghargai teman-teman yang datang ke sini hari ini. Saya menghargai pengorbanan karena cenderung kita menganggap itu hal yang sepele. Setiap individu yang berada di dalam ruangan tadi punya tantangan hidup masing-masing, cerita hidup masing-masing, dengan kendala yang mereka hadapi, apapun lah itu. Mereka mengorbankan waktu, tenaga, dan mungkin juga biaya untuk datang ke acara ini. Itu yang saya hargai.”

Wah, kata-kata yang sangat bijaksana dari orang hebat. Saya benar-benar kagum dengan dia. :) Nah, kekaguman saya bertambah-berkali-kali lipat saat saya membaca profilnya di salah satu portal majalah. Memang, saat saya mewawancarainya saya lupa menanyakan profilnya secara lengkap terutama pada pendidikan. Saya hanya fokus menanyakan pengalamannya bekerja di media.

Ternyata, setelah saya baca, pengalaman pendidikannya sungguh luar biasa. Pada usia tiga tahun, dia tinggal di Amerika selama lima tahun.  Ikut ayahnya yang melanjutkan studi S3. Setelah lima tahun dia kembali ke Indonesia. Berbeda dengan anak-anak Indonesia pada umumnya, dia malah belajar bahasa Indonesia karena selama lima tahun dia lebih fasih berbahasa Inggris.

Singkat cerita, dia menamatkan pendidikanya di Fakultas Teknik Universitas Indonesia tahun 1998 dan Program S2 Komunikasi Media di Thailand tahun 2000. Ia juga pernah medalami penulisan naskah dan dasar-dasar akting selama satu tahun (2002-2003) di Boston, Amerika. I just wanna say, WOW. Pengalaman yang luar biasa dari seorang Ralph Tampubolon, yang baik dan tidak sombong🙂

Saya sungguh merasa senang sekali bisa bertemu bahkan berbicara langsung dengannya. Percakapan yang berdurasi nggak sampai setengah jam itu nggak akan saya lupa. Saya berharap bisa bertemu dia lagi suatu ketika. Pengalaman hebat bersama orang hebat. How lucky I am.[]

 dila_dan_ralph

©dilanovia 09052013 16:14

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: