Bangga Punya Banyak Mantan?

Mungkin para pria maupun wanita yang pernah pacaran berkali-kali merasa bangga. Bangga dulunya punya pacar bamyak, bangga punya banyak mantan pacar, bangga karena mereka ‘laku’, dan kebanggaan-kebanggan lainnya.
Saya dulu sempat berpikir demikian. Ketika ada yang menanyakan, “sudah berapa kali pacaran?” Lantas saya menjawab pertanyaan itu, cukup banyak yang kaget.
Tapi, semakin hari saya malah semakin tidak nyaman dengan ‘sejarah’ itu. Mengapa? Ketika ada orang yang memiliki cerita cinta yang beraneka ragam, ini tidak hanya dilihat seberapa ‘laku’nya dia, tapi malah memperlihatkan seberapa tidak labilnya dia dulu.
Ada orang diusia yang baru menginjak 20 telah berpacaran sebanyak 16 kali. Atau bahkan ada yang lebih dari itu. Mungkin itu hak setiap orang. Tapi, jujur, setelah saya pikir-pikir, saya lebih bangga memiliki satu mantan pacar dalam hidup saya. Dan satu dialah yang kelak menjadi suami saya. Tapi, yang namanya sejarah tetaplah sejarah. Kita tidak bisa lagi merubahnya. Saya ingat salah satu kutipan novel karangan Tere Liye. “Bahwa semua pengalaman cinta dan perasaan adalah spesial. Sama spesialnya dengan milik kita. Tidak peduli sesederhana apa pun itu, sepanjang dibungkus dengan pemahaman-pemahaman yang baik.”
Ya, bagi yang punya mantan banyak, bungkuslah pengalaman itu menjadi pemahan yang baik agar ke depannya lebih baik lagi. Bagi yang sekarang masi ABG, saran saya jangan coba-coba berniat punya pacar banyak, deh! Orang yang punya banyak mantan dan menjalin hubungan cuma seujung ekor tikus itu mah sudah biasa. Coba kalau setia dengan satu pasangan dan awet sampai nikah, anak, cucu, cicit, itu baru ruaaaaar biasa! Salut banget sama pasangan yang seperti itu😀

©dilanovia 06042013 01:47

Leave a Reply

