Pengertian Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi merupakan semua bentuk teknologi yang mendukung semua bentuk proses komunikasi. Proses komunikasi di sini bisa komunikasi tatap muka dalam semua bentuk, komunikasi kelompok, atau komunikasi media massa. Pada dasarnya teknologi komunikasi dan informasi memiliki pengertian yang sama (dalam Saefullah, 2007: 32).

Pemahaman mengenai teknologi komunikasi banyak mendapat sorotan para ahli komunikasi, salah satunya adalah Rogers (dalam Kurnia, 2005: 291). Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Rogers melihat bahwa teknologi komunikasi merupakan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan melakukan saling tukar informasi dengan individu lain.

Definisi Rogers tersebut menunjukkan bahwa teknologi komunikasi mempunyai beberapa karakteristik. Pertama, teknologi komunikasi berkaitan dengan perangkat keras atau alat. Kedua, teknologi komunikasi muncul dalam suatu struktur ekonomi, sosial, dan politik tertentu. Ketiga, teknologi komunikasi membawa nilai-nilai tertentu dari struktur di atas. Keempat, teknologi komunikasi berhubungan dengan perangkat keras di bidang komunikasi.

Lebih lanjut Rogers mengatakan, sebagai perangkat keras teknologi komunikasi mengkondisikan penggunanya untuk melakukan demassifikasi dalam mengontrol pesan, menyesuaikan diri dengan standar pesan, menyesuaikan diri dengan standar teknis pemakaian teknologi komunikasi, serta meningkatkan interaksi dengan individu lain tanpa mengenal banyak hambatan.

Berbeda dengan Rogers, Omber (dalam Kurnia: 2005, 292) mengaitkan teknologi komunikasi dengan kebudayaan sudut pandang. Pertama, teknologi komunikasi dianggap sebagai factor yang determinan dalam masyarakat, independen, dan bisa menciptakan perubahan dalam masyarakat. Kedua, teknologi komunikasi sebagai produk industrialisasi yang menciptakan secara missal dalam jumlah yang sangat banyak. Ketiga, teknologi komunikasi melahirkan alat baru yang tidak semua orang bisa mengenalnya dengan baik, dimana kekuatan saling mempengaruhi antara teknologi komunikasi dengan kekuatan sosial yang ada dalam masyarakat tidak dapat diprediksi secara tepat.

Ada empat kriteria yang menilai apakah sebuah alat merupakan teknologi komunikasi atau bukan. Pertama, teknologi komunikasi adalah alat. Kedua, teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah sturktur ekonomi, sosial, dan politik. Ketiga, teknologi komunikasi membawa nilai-nilai yang berasal dari struktur ekonomi, sosial, dan politik tertentu. Keempat, teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indra manusia, terutama kemampuan mendengar dan melihat (Saefullah, 2007: 33).[]

*dikutip dari berbagai sumber yang berkaitan dengan Jurnalisme

©dilanovia 16022013 01:50

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: