Pengertian Surat Kabar

Surat kabar merupakan salah satu ragam dari ruang lingkup jurnalisme cetak. Surat kabar adalah lembaran tercetak yang memuat laporan yang terjadi di masyarakat dengan ciri-ciri terbit secara periodik, bersifat umum, isinya termasa dan aktual mengenai apa saja dan dimana saja di seluruh dunia untuk diketahui pembaca (Effendy,2005: 241).

Di Indonesia, surat kabar sering disebut juga dengan istilah koran. Dalam berbagai kamus memang sulit ditemukan asal bahasa dari koran ini. Namun dari penelitian seksama, bahasa yang mendekati kata “koran” adalah “Quran” dari bahasa Arab yang berarti bacaan. Selain itu, ada juga kata yang cukup dekat pada kata “koran” yaitu “Courantos”, merupakan sebuah buletin yang terbit di Jerman pada abad ke-16 masehi.

Selain itu, kata koran juga berasal dari dari bahasa Belanda yaitu “krant”, dan dari bahasa Prancis, “Courant”. Adapun defenisinya yakni suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa politik, kriminal, olahraga, tajuk rencana, ekonomi, sosial dan sebagainya. Surat kabar juga biasa berisi kartun, TTS, dan hiburan lainnya (Sumadiria, 2006: 5).

Surat kabar dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, misalnya berita untuk industri tertentu, penggemar olahraga tertentu, penggemar seni atau partisipan kegiatan tertentu. Jenis surat kabar umum biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari-hari libur. Surat kabar sore juga umum di beberapa negara. Selain itu, juga terdapat surat kabar mingguan yang biasanya lebih kecil dan kurang prestisius dibandingkan dengan surat kabar harian dan isinya biasanya lebih bersifat hiburan.

Surat kabar atau koran adalah barang cetakan yang berisi berita, informasi dan pendidikan yang terbit secara kontiniu yang biasanya harian. Surat kabar merupakan salah satu bentuk media cetak yang tidak dijilid, dalam ukuran normal dan tiap halaman terdiri 9 kolom. Ada yang terbit 8 halaman, 12 halaman, 16 halaman dan ada yang lebih dari jumlah itu.

Menurut Karl (dalam Soehoet 2003: 11), surat kabar dapat dilihat dari syaratnya. Adapun syarat tersebut, yakni (a) publisitas, artinya surat kabar diterbitkan untuk publik, untuk masyarakat umum, atau untuk siapa saja, (b) periodisitas, artinya surat kabar tersebut terbit pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya, (c) aktualitas, artinya isinya aktual, belum pernah dimuat sebelumnya, (d) universalitas, artinya isi surat kabar tidak mengenai satu persoalan saja, dan (e) kontinuitas, artinya isi surat kabar berkesinambungan.

Komunikasi dalam surat kabar bersifat irreversible. Sekali pesan, termasuk penjulukan, disampaikan kepada khalayak pemirsa, maka amat sulit bagi siapa pun untuk meniadakan sama sekali efeknya. Maka, jika seseorang diberitakan secara negatif, difitnah misalnya, pemberitaan itu sulit untuk mengembalikan citra si korban ke citra semula, meskipun pihak wartawan atau TV memohon maaf atas  kekhilafan mereka (Mulyana, 2000: 73).

Surat kabar harian adalah jenis media cetak yang terbit setiap hari, kecuali pada hari-hari tertentu, misalnya libur nasional. Jenis surat kabar ini dibagi lagi menjadi surat kabar harian nasional, surat kabar harian daerah, dan surat kabar harian lokal. Berita yang disampaikan adalah jenis berita news atau informasi terkini dan disampaikan dengan sistem straight news atau apa adanya.[]

*dikutip dari berbagai sumber yang berkaitan dengan Jurnalisme

©dilanovia 16022013 01:37

4 Comments (+add yours?)

  1. Wahyu Threeady
    Mar 01, 2014 @ 10:00:38

    cariian pengetian surat kabar lagi dunk,,
    yang terbaru, perlun untuk skripsi,,
    thanx kk..

    Reply

  2. Trackback: EKSISTENSI SURAT KABAR | Caffè Amante
  3. rusli
    Oct 27, 2015 @ 01:23:14

    Pusat penjualan karpet set:
    Ready:karpet set karakter.Harga Rp:500.000.Minat Invite Pin:2a0d30d9 atau hub 085756707113
    Spesifikasi karpet set:

    Karpet ini terbuat dari bahan resfur boneka dan bahan pendukung kualitas tinggi lainnya.
    Sehingga memiliki tekstur yg lembut dan empuk sehingga sangat nyaman untuk di gunakan berbagai kebutuhan di rumah atau di kantor anda.

    Spesifikasi teknis:

    *Ukuran:200×160cm
    *Upper shell:faux fur (refur 20mm)
    *Inner pedding ponge 25mm)
    *Under shell: PU leather (oscar)
    *Bantal 45x45cm pcs
    *Keset 50x60cm 1pc
    *Tebal 7cm
    *Alas bawah:bintik anti Slip (menempel) dilantai N tahan air.
    Harga Yang Sekarang :

    Bali 1 Set : Rp 500.000,-
    Beli 2 Set : Rp 1.000.000,-
    Beli 3 Set : Rp 1,400.000.-
    Beli 4 Set : Rp 1,800.000.-( bonus 1)
    Bali 5 Set : Rp 2,600.000.-( Bonus 2 Set )

    Tersedia dalam berbagai motif atau karakter dengan banyak pilihan warna:

    -LV/Louis Vuitton
    -Channel
    -Gucci
    -Floral
    -Mickey
    -Barbie
    -Cat Couple
    -Cubicus
    -Polos
    -Papan catur

    Kombinasi warna bisa di pilih sesuai keinginan,
    Saat ini kami sudah bisa ready stock

    Reply

  4. berita metro tv hari ini
    Dec 21, 2015 @ 18:46:49

    you are really a excellent webmaster. The web site loading velocity is amazing.

    It kind of feels that you are doing any unique trick. Also, The contents are masterpiece.
    you’ve done a great task on this subject!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: