BlackBerry dan Wartawan (BlackBerry and Journalist)

Kelebihan-kelebihan yang ada pada BlackBerry dilirik oleh wartawan di berbagai negara. Penyebabnya antara lain karena bentuk tombol dan layanan email cepat BlackBerry. Seperti yang tertulis dalam artikel berjudul “BlackBerry or iPhone, Which is Better for Journalists?” karya Etan Horowitz. Artikel yang ditulis untuk Poynter Institute (http://www.poynter.org) tersebut berisi survei yang tentang penggunaan BlackBerry dan iPhone oleh beberapa wartawan.

Horowitz menggunakan 20 orang responden untuk menjawab pertanyaan seperti, apa perangkat yang mereka gunakan, apa applikasi yang sangat berguna, dan manakah telepon genggam yang menurut mereka paling baik untuk para wartawan. Dari hasil survei tersebut, berbagai alasan pun muncul dari para wartawan yang menggunakan BlackBerry.

Salah satunya adalah Zakiya Lathan, sorang penulis lepas dan mantan produser TV Web. Lathan dan BlackBerry ketiganya, menggunakan telepon genggam ini untuk mengambil catatan selama pertemuan dan sering mulai menulis cerita walaupun dia sedang di lapangan. Lathan yang menggunakan applikasi Dokumen DataViz’s To Go ini mengaku telah menulis keseluruhan artikelnya melalui BlackBerry.

“I love the fact that my current BlackBerry has a QWERTY keyboard…. I can actually type faster on my BlackBerry than I can on a full-sized keyboard.” (wawancara dengan Lathan dalam survei Horowitz, 2009)

BlackBerry sebagai perangkat jurnalistik pun digunakan oleh Chris Krewson, Editor Online Eksekutif dari The Philadelphia Inquirer. Krewson mengatakan ia menggunakan BlackBerry-nya terutama untuk e-mail, untuk melacak masalah dengan situs web, memantau berita, dan berkomunikasi dengan rekan-rekan. Sementara itu. Gabe Travers Produser Eksekutif WSAV-TV di Savannah mengatakan karyawan stasiun menggunakan BlackBerry mereka untuk mengirim teks langsung ke situs web dari lapangan.

“This cuts out the steps needed to get information to the audience and cuts down on the time it takes to break news on the web. This feature is something we specifically developed for our content management system. We’ve used it to post updates from the courtroom, update breaking news stories and much more.” (wawancara dengan Travers dalam survei Horowitz, 2009)

Dari berbagai pernyatakan di atas, menurut hemat peneliti, BlackBerry dapat memudahkan wartawan dalam pekerjaan mereka seperti mencari dan menulis berita. Teknologi BlackBerry berperan cukup penting bagi wartawan dalam melakukan aktifitas jurnalistik.

*dikutip dari berbagai sumber yang berkaitan dengan Blackberry dan jurnalisme

©dilanovia 16022013 01:57

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: