Kenali Manfaat Lidah Buaya (Aloe vera)

Lidah buaya  atau aloe vera bukan hanya sekadar tumbuhan penghias. Dalam beberapa industri rumahan, aloe vera dengan batang besar biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan agar-agar kesehatan. Banyak manfaat yang bisa dipetik dari lidah buaya, seperti yangh dikutip dari Healthmeup, berikut di antaranya:

1. Kandungan antibakteri dan antiseptik yang dimiliki gel pada lidah buaya mampu menjadi salah satu pengobatan alternatif dalam menyembuhkan luka seperti kulit yang mengelupas, luka teriris, luka gesekan benda, atan sengatan serangga.

2. Bagi Anda yang memiliki banyak jerawat, lidah buaya bisa menjadi jenis pengobatan alami. Meskipun tidak bisa menyembuhkan secara total, mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit wajah bisa mengurangi tingkat peradangan pada kulit yang berjerawat.

3. Untuk pengobatan luka bakar, lidah buaya juga memiliki peran. Sifatnya yang dingin dengan kandungan zat yang membantu meregenerasi kulit, akan memperbaiki sel kuit rusak dengan lebih cepat.

4. Ingin mencerahkan kulit? Anda juga bisa mengaplikasikan lidah buaya pada kulit wajah Anda. Hanya cukup mengoleskan gel lidah buaya pada kulit, akan memberikan manfaat dalam meremajakan kulit dan memberi hidrasi. Gel pada lidah buaya juga akan melindungi kulit dari efek penuaan

5. Serat yang ada di dalam lidah buaya juga membantu melancarkan pergerakan pencernaan.

6. Anda memiliki masalah gatal-gatal di kulit seperti eksim, proriasis, dan gatal-gatal lainnya? Cobalah untuk mengaplikasikan gel lidah buaya di luka tersebut. Bukan tanpa sebab, lidah buaya memiliki kandungan antialergi yang bisa menghalau masalah gatal pada kulit.

7. Lidah buaya membantu mendukung dan meredakan fungsi sistem imun ketika dibutuhkan, karena kandungan vitamin dan asam amino serta antioksidan.

8. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit alergi, dan gatal-gatal, mengoleskan lidah buaya ke kulit yang bermasalah juga bisa menjadi solusi. Pasalnya, gel pada lidah buaya bukan sekedar melawan bakteri, tetapi juga memiliki kandungan alergi.

9. Tingginya asam lambung juga bisa diobati dengan lidah buaya. Resep rebusan lidah buaya menajdi obat ampuh dalam menenangkan saluran pencernaan.

10. Terakhir, lidah buaya juga efektif untuk meningkatkan sistem imun saat tubuh sedang kurang fit, karena sifat modulator imun serta kandungan antioksidan yang melimpah.[]

*Dari berbagai sumber

dilanovia 10112012 13:15

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: