Sampai Mana Batas Sebuah Komitmen?

image

Iseng-iseng baca tulisan-tulisan lama saya, saya pun menemukan tulisan favorit saya dulu, tentang sebuah komitmen (baca ini). Tulisan tersebut terinspirasi dari novel yang saya baca.
Well, membaca tulisan itu saya kembali teringat dengan sesuatu yang disebut komitmen. Yang menjadi pertanyaan saya, jika komitmen sudah ada, sampai mana batas komitmen itu sebenarnya? Banyak yang sudah berkomitmen tapi banyak juga hubungan yang kandas? Sejauh apa arti komitmen itu sebenarnya? Adakah standarisasinya?
“Commitment is a funny thing, you know? It’s almost like getting a tattoo. You think and you think and you think and you think before you get one. And once you get one, it sticks to you hard and deep..”
Kalimat itu juga saya dapat dari sebuah novel. Seperti itukah gambaran komitmen?
Yang selalu menjadi pertanyaan saya adalah mengapa ada hubungan yang kandas jika komitmen itu ada? Contohnya saja dalam pernikahan. Menurut saya, orang yang “berani” menikah berarti mereka memiliki komitmen. Setuju, nggak? Lantas, mengapa harus ada perpisahan? Apakah komitmen itu makhluk yang dengan mudah datang dan pergi?
“Sebagian kita mungkin ada yang mencintai karena keadaan sesaat. Karena dia baik, karena dia pintar, karena dia asik, even karena dia kaya! Tidak pernah terpikir apa jadinya kalau dia mendadak jahat, mendadak tidak sepintar dulu, mendadak tidak seasik sebelumnya, atau mendadak miskin! Akankah kamu masih mencintainya? Itulah mengapa kamu membutuhkan komitmen. Jangan mencintai seseorang karena apa, bagaimana, atau siapa mereka. Dari sekarang mulailah mencintai seseorang karena kamu ingin mencintainya. I love you… because i want to”. Seperti itu kutipan yang ada di novel lainnya. Kalimat per kalimat di novel itu memang menyadarkan saya betapa penting komitmen itu. Tapi, lagi-lagi yang menjadi pertanyaan saya, sejauh mana batas komitmen itu? Kenapa masih ada perpisahan kalau banyak yang mengaku sudah ada komitmen? sudah dewasa dalam menjalani hubungan? Ah, honestly i’m afraid. []

©dilanovia 31082012 20:03

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

