Kategori Situs Citizen Journalism

Berikut kategori-kategori citizen journalism berdasarkan aktivitas pengguna dan administrator seperti bentuk kontribusi para pengguna situs, arus informasi, visi dan misi situs, serta bentuk fasilitas yang disediakan administrator.

1. Citizen Journalism Murni
Situs yang memang secara tegas menjalankan konsep citizen journalism. Biasanya terliha dari tagline-nya seperti kabarindonesia.com: “Dari Kita untuk Kita”, ditemukannya folder jurnalisme warga. Berita yang dikirim murni dari warga atau misinya untuk citizen journalism.

2. Portal Citizen Journalism
Portal citizen journalism adalah situs yang memiliki unsur citizen journalism, meskipun pada dasarnya situs tersebut adalah media online yang dijalankan oleh jurnalis profesional. Biasanya terlihat dari disediakannya menu citizen journalism. Contoh: inilah.com.

3. Mainstream Citizen Journalism
Sama dengan portal citizen journalism, hanya saja situs yang menaunginya adalah situs milik media mainstream. Contoh: mediaindonesia.com, kompasianay.com, citizenews.suaramerdeka.com

4. Portal Comment
Situs yang dikelola oleh wartawan profesional (bukan dari unsur media mainstream), yang memberikan kesempatan kepada para pengguna situs untuk memberikan komentar atas berita yang baru diposting. Hampir semua situs berita masuk dalam kategori ini. Contoh: okezone.com, vivanews.com, detik.com.

5. Portal Forum
Situs yang dibuat dalam bentuk forum dan digunakan untuk saling berbagi informasi. Kadang para pengguna situs tidak perlu membuat berita, namun hanya memberikan informasi sepenggal-sepenggal atau mengambil cuplikan berita dari situs berita dan kemudian dikomentari bersama. Contoh: kaskus.us, lintasberita.com. berita protal comment dengan portal forum yakni jika forum yang memposting berita adalah pengguna situs, sedangkan comment yang memposting adalah admin situs.

6. Mainstream’s Portal Comment
Situs milik media mainstream yang memberikan kesempatakan kepada para pengguana/visitor untuk berkomentar pada berita-berita yang dimuat. Contoh: mediaindonesia.comDikutip dari

*Wijayana, dkk (2012) dalam Kusumaningati (2012: 22)

©dila novia 28032012 01:28

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: