Kabar Gembira Buat Si Penggila Kopi!

Kabar yang cukup menggemparkan  bagi saya pribadi. Yang pasti kabar ini cukup membuat ketakutan saya selama ini sedikit terobati. Beberapa menit lalu saya membaca artikel di sebuah portal berita yang menginformasikan bahwa kopi dapat memperkecil resiko beberapa penyakit. Isi beritanya kurang lebih sebagai berikut:
“Suka Ngopi Perkecil Risiko Diabetes, Kanker, Jantung, dan Obesitas”
Anggapan bahwa kopi adalah biang keladi berbagai serangan penyakit dibantah studi yang dilakukan German Institute of Human Nutrition Potsdam-Rehbruecke.
Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition itu mengungkapkan, konsumsi rutin kopi dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, kanker, dan jantung, serta obesitas.
Penelitian terhadap 42 ribu orang dewasa tanpa penyakit serius selama sembilan tahun. Setiap dua atau tiga tahun sekali responden dipantau apakah terkena gejala penyakit itu. Studi menemukan, peminum kopi ataupun bukan, sama-sama cenderung mengalami satu dari penyakit itu.
Studi ini juga mengungkap, konsumen kopi juga lebih sedikit menderita diabetes tipe 2, yang terkait dengan kebutuhan insulin tambahan dan obesitas, dibandingkan nonkonsumen kopi. Mereka yang mengonsumsi empat cangkir per hari, hanya 3,2 persen yang dilaporkan mengalami diabetes. Sementara mereka todak mengopi, 3,6 persen mendapat penyakit gula itu.
fiuhh…
Anyway, kalau riset itu benar adanya, saya sangat bersyukur karena saya termasuk pengkonsumsi kopi. Meski belum bisa dikatakan berat, biasanya saya mengkonsumsi kopi dua gelas sehari. Kalau tidak minum kopi, rasanya ada yang nggak lengkap hari itu. Kebiasaan tersebut baru beberapa bulan ini munculnya. Padahal dulu tidak.
Anyway, konsumen atau nonkonsumen kopi, yang namanya kesehatan harus.selalu dijaga. Yah, bisa saja orang nonkonsumen kopi yang diteliti oleh ahli di atas tidak menjaga kesehatannya dengan baik, sedangkan orang yang mengkonsumsi kopi juga mengimbangi dengan menjaga pola hidup sehat. Ya, tentunya yang rentan terkena penyakit orang yang tidak menjaga kesehatan tadi. Semuanya tergantung dari bagaimana kita menjaga pola hidup sehat.[]

©dilanovia 04032012 01:43

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: