Empat Efek Buruk Terlalu Lama di Depan Komputer

image

Jika Anda kerap menggunakan komputer dalam jangka waktu lama, ada baiknya Anda perhatikan informasi penting berikut ini, seperti yang saya kutip dari Media Indonesia. Jangan sampai
penggunaan perangkat elektronik yang satu ini menyumbangkan bahaya bagi kesehatan meski keberadaannya kian dibutuhkan.
1. Berlama-lama duduk di depan komputer apalagi dengan posisi yang tidak tepat akan memicu cepat kelelahan, nyeri dan pegal pada bahu, leher, maupun pinggang.
2. Kecenderungan membungkuk menyebabkan gangguan pada bentuk postur tubuh. Hal yang lebih berbahaya lainnya yaitu, tulang belakang melengkung ke depan sehingga membentuk mirip huruf C, karena tekanan saat membungkuk yang berlebihan.
3. Jika Anda mengoperasikan komputer selama 8 jam perhari, dapat dipastikan mata akan terasa perih. Hal tersebut merupakan dampak dari penguapan air mata yang meningkat atau berkurangnya produksi air mata akibat lamanya menatap layar monitor.
4. Jari tangan akan kaku. Hal tersebut biasa disebut sebagai trigger finger yang merupakan kondisi akibat kondisi jari tangan yang menekuk dalam waktu yang lama, dan terkadang tidak dapat diluruskan secara spontan. Hal tersebut merupakan efek dari longgarnya urat jari sehingga kehilangan fleksibilitas dan pada akhirnya akan membuat otot jari menjadi kaku.
Meski komputer merupakan salah satu alat pendukung pekerjaan, sikap yang tepat dalam penggunaannya merupakan hal yang harus diperhatikan.[]

sumber: Media Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: