Be Adult, Are You Ready?

image

Dulu, waktu saya kecil saya pernah berkeinginan agar secepatnya menjadi orang dewasa. Bekerja di kantoran, berdandan layaknya orang dewasa, menggunakan blazer, pakai high heels, hingga berbicara layaknya orang-orang dewasa seperti yang saya lihat di televisi.
Seiring waktu berjalan, waktu pun menjawab keinginan saya tersebut. Ternyata menjadi orang dewasa itu tidak semudah yang saya bayangkan. Tidak seenak yang saya pikirkan. Semakin dewasa seseorang ternyata semakin banyak beban yang harus dipikul. Beban itu pun harus bisa dipikirkan secara dewasa pula. Salah pemikiran, maka akan salah arah. Jika sudah salah arah, maka salah pulalah jalan kita.
Saya rasa menjadi dewasa memang sudah menjadi PR (baca: pe-er) bagi setiap orang. Tinggal bagaimana PR itu dikerjakan. Tentu cara pengerjaannya akan berbeda pada setiap orang. Bagi saya pribadi, menjadi orang yang dewasa itu cukup sulit. Terlebih jika saya menemukan sebuah permasalahan. Saya telah mencoba untuk bersikap dewasa,namun ada saja sikap childish yang tak sengaja hadir. Memang semua.butuh proses, tapi kadang proses itu kita tidak pernah tahu kapan akan berakhir. Karena hakikatnya sebuah proses memang tidak akan berhenti. Jika berhenti, maka bukan proseslah namanya.
Apakah yang saya pikirkan sama dengan yang Anda pikirkan? Maybe yes, but maybe no. Anyway, apapun yang dipikrkan oleh setiap orang tidak bisa disalahkan karena itulah dirinya. Saya ingat petuah seorang dosen, “dalan setiap pribadi seseorang memiliki nilai kebenaran”. Ya, saya setuju itu. Mudah-mudahan kita semua menjadi

orang benar. Orang-dewasa-yang-benar.***

©dilanovia 140112 08:04

Leave a Reply

