Everybody, Go Green, Please!

KERUSAKAN lingkungan yang tengah melanda bumi ini tentu menjadi tanggung jawab setiap insan dunia. Bukan semata menjadi tanggung jawab pemerintah dan perusahaan swasta, melainkan juga setiap individu anggota masyarakat yang kerap memberikan sumbangsih sehingga membuat bumi tidak lagi lestari, pemanasan global timbul, dan lingkungan rusak. Prinsip sederhana yang harus dilakukan setiap manusia untuk menjaga kelestarian lingkungan ialah dimulai dengan diri sendiri, misalnya dengan menghemat air dan energi demi kenyamanan lingkungan bersama.

Demikian salah satu artikel yang tertulis pada salah satu rubrik di harian Media Indonesia edisi Sabtu, 22 Oktober 2011 lalu. Artikel yang bertema penghematan mulai dari diri sendiri ini  membuat saya belajar, dan saya harap Anda yang membaca tulisan ini juga semakin tahu😀 Well, Untuk menghemat air, ada baiknya setiap kali menggosok gigi jangan membiarkan air keran terus mengalir. Aktivitas menggosok gigiyang memakan waktu sekitar 5 menit, sekaligus dapat digunakan untuk menghemat air denganmematikan aliran air. Setiap 5 menit air yang terus mengalir juga akan berakibat pemborosan ekonomi. Selain itu ketika sedang mandi, setiap orang juga dapat menghemat air dengan mematikan aliran shower ketika sedang menggunakan sabun atau sampo pada tubuh. Alangkah baiknya bila waktu mandi selama 20 menit diikuti dengan penghematan air sehingga air tidak terus menerus mengalir dalam waktu lama.

Bila mendapat kesempatan untuk bermalam di hotel, sebaiknya hemat dalam hal penggunaan handuk dan bed cover. Bila handuk dan bed cover tidak perlu diganti dan hanya menginap selama 2-3 malam, tidak usah diganti. Penggantian handuk dan bed cover yang baru akan berpengaruh terhadap kebutuhan air yang banyak dan juga penyebaran polusi sabun cuci.

Dari segi penghematan energi, dapat dilakukan dengan menggunakan lampu dengan daya watt yang lebih kecil baik di rumah maupun di kantor. Hindari menggunakan lampu neon dengan 40-80 watt, dan lebih baik menggunakan lampu hemat listrik dengan terang yang sama, tetapi hanya berdaya sekitar 15 watt. Begitu juga dengan penggunaan pendingin ruangan. Bila ruangan sudah mencapai tingkat kesejukan dengan suhu 23 derajat celsius,sebaiknya tidak mengatur pendingin ruangan hingga 17 derajat celcius.

Tidak lupa bila bekerja di suatu perusahaan, sebaiknya mulai untuk sadar dan peduli lingkungan dengan berperilaku green, yakni turut serta untuk mematikan lampu, komputer, dan barang elektronik lainnya di dalam ruangan kerja atau kantor ketika sudah selesai bekerja. Jangan lupa untuk terus melakukan penghijauan dan melestarikan lingkungan dengan membentuk taman di setiap rumah, dan memilih jenis tanaman yang diusahakan banyak menyerap CO2.

Puskom, 211211 : 15:59

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: