Oleh-Oleh dari Jembatan Siti Nurbaya

image

Masih ada yang belum tahu tentang Jembatan Siti Nurbaya atau bahasa kerennya Siti Nurbaya Bridge? Well, jembatan itu mengandung unsur cerita yang cukup tragis. Mengapa tragis? Karena jembatan yang terletak di Kota Padang, Sumatera Barat itu merupakan tempat terjunnya seorang gadis yang bernama Siti Nurbaya karena menolak perintah orang tuanya untuk menikah dengan seorang lelaki. Oh, Oke, lelaki cenderung identik dengan pria yang masih MUDA, saya akan mengubah kata “lelaki” tadi dengan kata, “bapak-bapak” atau “kakek-kakek” -mungkin lebih tepat. Namanya Datuk Maringgih.

Nah, Siti Nurbaya menolak pernikahan itu karena Datuk Maringgih itu sudah tua. Mengapa orang tua Siti bersikeras menikahinya dengan pria itu? Karena Datuk Maringgih adalah pria terkaya di daerahnya saat itu. Putus ada dengan kenyataan yang dihadapinya, Siti akhirnya mengambil jalan pintas, yakni bunuh diri dengan pergi ke sebuah jembatan dan menerjunkan badannya ke sungai yang ada di bawahnya.

Begitulah kisah singkat ceritanya. Hingga saat ini cerita tersebut belum memiliki keakuratan, sama halnya cerita Malin Kundang. Keduanya masih dikategorikan kepada mitos. Namun, apakah itu mitos atau kisah yang benar-benar nyata, kita hendaknya bisa mengambil pelajaran yang positif dari.kisah tersebut.

And now, forget about it b’coz i wanna tell you about souvenir that available in this area. Well, Sumatera Barat terkenal sekali dengan oleh-oleh kerupuknya. Sebut saja kerupuk sanjai, kerupuk balado, dan sebagainya. Rasanya ada yang kurang jika kita tidak membawa oleh-oleh ini untuk dihadiahkan kepada rekan-rekan kita setelah kita pulang dari Sumatera Barat.

Back to topic, tadi saya katakan bahwa ada oleh-oleh yang terdapat di area jembatan Siti Nurbaya. Yup, sebelum melangkahkan kaki di jembatan tersebut, kita akan bertemu dengan sebuah usaha kerupuk. Usaha kerupuk ini cukup terkenal lho. Siapa yang tidak Kenal dengan Cristine Hakim? Penyanyi lawas asal Sumatera Barat. Itulah nama usaha kerupuk tersebut. Konon katanya usaha kerupuk tersebut memang usaha turunana keluarnya.

Jangan kaget kalau setiap hari-terlebih jika weekend atau.holiday, toko ini selalu dipadati pengunjung.
Usaha kerupuk ini sudah terkenal di mana-mana. Apalgi kalau bukan karena kerupuknya yang renyak dengan bumbunya yang enak. Yummmiii banget pokonya. Usaha kerupuk ini juga sudah beberapa kali di publis di masa baik lokal maupun nasional. Saya pernah membaca harian Media Indoesia tentang usaha kerupuk Cristine Hakim ini😀😀

Keluarga saya juga merupakan salah satu pencinta kerupuk Cristine Hakim. Nggak bakalan lupa mampir kesana kalau lagi berkunjung ke Padang🙂 So, if sometime you visit Siti Nurbaya Btidge, jangan lupa singgah ke toko kerupuk ini. Nikmati kerenyahan kerupuknya. Makan kerupuk sambil menikmati indahnya pemandangan dari atas jembatan juga asyik. Apalgi jika malam tiba… Try it😉😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: