Kerangkeng Untuk Hati

image

Kalau membaca judulnya memang agak sedikit menakutkan (hati kok dikerangkeng?). Secara kerangkeng biasaya tempat yang dikhususkan untuk hewan-hewan buas atau para penjahat kelas kakap :p But, i don’t talk about animal and ‘animal’.

Well, kerangkeng di sini maksudnya adalah sebuah penjagaan untuk hati. Why? Karena jika hati sudah tidak terjaga dengan baik, maka segala macam kutu busuk berupa kecurigaan, sentimentil, iri, dengki, bahkan kebencian akan menggerogotinya. Alhasil, hati yang tadinya bersih menjadi suram, hitam, dan kotor!

How can i said that? Sudah banyak pembuktian tentang masalah ini. Manusia tak akan pernah mengenal kata GUNJING kalau hati mereka bersih. Manusia tidak akan pernah mengenal kata PAMRIH kalau hati mereka benar-benar ikhlas. Yang menjadi masalah ketika kutu-kutu busuk itu mulai menggerogoti hati manusia. Hal yang sebelumnya baik, berubah menjadi kecurigaan dengan berbagai alasan-dengan alasan yang kadang tidak masuk akal, menurut saya.

Well, i won’t tell you what’s that problem. Tapi, JUJUR saya sangat menyayangkan hal tersebut bisa terjadi. Saya jadi teringat petikan lirik lagu yang pernah dipopulerkan oleh Aa Gym, Jagalah Hati.

‘Bila hati kian busuk, pikiran jahat kan merasuk’. That’s really right! Nggak ada gunanya pikiran cerah jika hati sudah busuk. Karena generator utama manusia terletak pada hati. Jika yang utama saja sudah tidak baik, bagaimana dengan yang lain? Ingat, manusia juga merupakan sebuah sistem. Jika sistem utama sudak rusak, maka sub-sub sistem lainnya akan rusak pula.

Bersyukurlah pada Tuhan jika kamu tidak termasuk orang-orang yang demikian. You must remember, hati yang busuk akan membawa keburukan bagi pergaulan, karir, bahkan dirimu sendiri. Jaga hatimu dengan sebuah ‘kerangkeng’. Apa kerangkengnya? Yakni ketulusan dan rasa ikhlas dalam menjalani hidup, in all everything; tugas, pekerjaan, dan segala kegiatan lainnya. Insyaalah, kamu akan menjadi orang-orang yang tulus dan bersih. Percayalah, akan ada sebentuk penghargaan yang akan diberikan orang lain padamu jika kamu bersikap demikian. Kebusukan hati akan menjadi bumerang sendiri bagi mereka yang merasakannya. Wish God Bless Us🙂

dilanovia®09.03 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: