Be Stylish with Batik

Siapa bilang batik hanya dipakai saat acara resmi saja? Now, it’s time to break the assumptions and wear your lovely batik with pride, anywhere and anytime. Kali ini saya membahas tentang fashion item bernuansa batik. So, check it out and let’s shout,  “kami cinta produk dalam negeri!”

Sejak mendapat pengakuan dari United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) tanggal 2 Oktober 2009 silam, batik Indonesia kian mantap menjadi warisan luhur bangsa dengan berbagai macam inovasi dan kreatifitas. Kain khas Tanah Air ini sudah banyak disulap menjadi berbagai fashion item yang stylish. Kecintaan akan karya seni busana yang tertuang pada kain batik pun hadir di hati generasi masa kini,  tentunya dengan tampilan yang lebih segar.

Saat ini batik tidak hanya pas dipakai sebagai seragam kerja, tetapi juga menjadi pakaian casual yang sangat oke untuk kuliah, nongkrong, hang out, atau untuk sekedar jalan-jalan. Alhasil, aneka model pakaian yang diaplikasikan dengan motif batik pun membumi di pasaran. Mulai dari jaket, blouse, longdress, sweater, atau T-shirt. Jenis-jenis pakaian tersebut biasanya dikombinasikan dengan berbagai motif, baik motif klasik maupun motif kontemporer dengan paduan warna-warna cerah ala kaula muda.

Tak hanya itu, berbagai aksesoris pun kini semakin marak dengan hiasan batik di dalamnya. Aneka tas, cincin, ribbon, bangle, belt, bahkan kalung-kalung over big size pun dihiasi dengan berbagai macam motif batik. Tapi, untuk item yang satu ini motif-motif tersebut didominasi dengan warna cokelat atau warna-warna gelap.

Memadu-padankan batik cukup mudah. Padukan batik dengan stocking atau legging. Bagi kamu yang tidak ingin terlihat seksi, minidress batikmu bisa dipadukan dengan stocking atau legging hitam. Rok panjang batik pun bisa disulap menjadi kemben. Kamu tinggal padukan dengan atasan, seperti sweater, kaos, atau apapun sesukamu. Punya shiny T-shirt polos? Kamu juga bisa matching-in dengan rok batik jenis high waist yang saat ini memang sedang nge-trend!

Untuk kesan yang lebih formal, kamu bisa memakai longdress batik dan gunakan sepatu jenis pump. Jangan lupa lengkapi dengan hand bag berbahan kulit agar outfit kamu terlihat lebih elegan. Nah, jika kamu ingin terlihat casual, kamu bisa padukan blouse atau kemeja batik dengan jeans. Jangan lupa gunakan flat shoes. Kain batik yang berbahan lembut pun juga bisa disulap menjadi scarf lucu. Kamu bisa padukan dengan kemeja polos dan bawahan berbahan jeans atau ..

Jangan lupa tambahkan aksesoris supaya penampilan kamu nggak terlihat terlalu polos. Seperti gelang, kalung, atau cincin yang bernuansa batik tentunya. Tapi tetap sesuaikan dengan baju dan occasion-nya. Kalau baju kamu sudah cukup ‘ramai’, lebih baik hindari menggunakan aksesoris yang berlebihan.

Well, ada segudang trik untuk bergaya dengan pakaian atau aksesoris bermotif batik. Just be creative in styling your wardrobe! Tidak usah ragu untuk mengekspresikan gayamu dengan produk Indonesia!***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: