Tahapan – Tahapan Penelitian

Tulisan ini memaparkan tentang tahap-tahap penelitian ilmiah yang sifatnya umum. Di sini akan disajikan uraian mengenai suatu kerangka umum penelitian, yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang peneliti dalam melakukan penelitian. Apa yang disajikan dalam tulisan ini mungkin tidak sama dengan apa yang dipaparkan oleh tulisan lain. Namun penulis berharap tulisan ini dapat memberi tuntunan kepada pembaca dalam melakukan penelitian.

Sumadi Suryabrata menyebutkan bahwa penelitian merupakan suatu proses, yaitu suatu rangkaian langkah-langkah yang dilakukan secara terencana dan sistematis guna mendapatkan pemecahan masalah atau mendapatkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tertentu[1]. Ada pun tahap-tahap penelitian pada umumnya adalah sebagai berikut:

  1. 1.      Identifikasi, pemilihan, dan perumusan masalah

Masalah atau permasalahan adalah kesenjangan antara sesuatu yang diharapkan (das sollen) dengan sesuatu kenyataan (das sein)[2]. Begitu juga yang disebut oleh Sumadi, masalah terjadi karena ada perbedaan antara apa yang seharusnya dan apa yang ada dalam kenyataan, antara apa yang diperlukan dan apa yang tersedia, antara harapan dan kenyataan[3].

  1. Identifikasi masalah

Hal-hal yang dapat menjadi sumber masalah penelitian, di antaranya sebagai berikut:

  • Bacaan › terutama bacaan yang melaporkan hasil penelitian, mudah dijadikan sumber masalah peneltian karena laporan penelitian yang baik tentu akan mencantumkan rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut dengan arah tertentu.
  • Diskusi, seminar, pertemuan ilmiah › kegiatan ini juga merupakan sumber masalah penelitian karena pada umumnya dalam pertemuan ilmiah para peserta melihat hal-hal yang dipersoalkannya secara profesonal.  Dengan kemampuan profesional para ilmuan peserta pertemuan melihat, menganalisis, menyimpulkan dan mempersoalkan hal-hal yang dijadikan pokok pembicaraan. Dengan demikian mudah sekali muncul masalah-masalah yang memerlukan penggarapan melalui penelitian.

For more information, download here..

http://www.ziddu.com/download/15258758/Tahapan-tahapanPenelitian.pdf.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: