Ilmu Pengetahuan dan Cara Bekerjanya

Manusia sebenarnya diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai makhluk yang sadar. Kesadaran manusia itu dapat disimpulkan dari kemampuannya untuk berfikir, berkehendak, dan merasa. Dengan pikirannya manusia mendapatkan (ilmu) pengetahuan, dengan kehendaknya manusia mengarahkan perilakunya, dan dengan perasaannya dapat mencapai kesenangan.

Perkembangan ilmu pengetahuan terjadi antara lain disebabkan oleh fitrah manusia sebagai makhluk yang memiliki rasa ingin tahu, mencari dan berpihak kepada kebenaran. Di samping itu, manusia juga memiliki sifat hanif (akal budi) yaitu keinginan tidak terbatas untuk menggapai yang terbaik dalam kehidupannya (Imam Suprayogo & Tobroni, 2003 : 3)

Segala tuntutan yang terdapat dalam diri manusia tersebut dapat terpenuhi apabila manusia memperoleh pengetahuan secara sistematis. Tapi, inilah kelebihan manusia. Kemampuan yang mereka miliki membuat mereka dapat memperoleh ilmu pengetahuan tersebut. Namun, apakah ilmu pengetahuan itu? Persoalan ini mungkin dapat diselesaikan dengan terlebih dahulu berusaha merumuskan apakah yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan (science).

Secara singkat ilmu pengetahuan adalah pengetahuan (knowledge) yang tersusun sistematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, yang selalu dapat ditelaah (dikontrol) dengan kritis oleh setiap orang lain yang ingin mengetahuinya (Soerjono Soekanto, 2006 : 5).

Jadi berdasarkan pemaparan di atas, Soerjono Soekanto membagi ilmu pengetahuan  ke dalam unsur-unsur pokok, yakni :

Baca lebih lanjut di sini..

http://www.ziddu.com/download/15258781/PaperIlmuPengetahuandanCaraBekerjanya.pdf.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: