Sepeda Tanpa Rantai

Postingan kerrren dari majalah CG! Percaya ngga percaya tapi sepertinya saya percaya deh.. Well, saat ini, teknologi di bidang kendaraan dan alat transportasi berkembang sangat pesat, tak terkecuali sepeda. Baru-baru ini, University of Pennsylvania membuat sebuah prototipe sepeda unik yang diberi nama Alpha Bike. Sepeda ini tidak memiliki putaran roda alias chainless drive. Yang cukup mengagumkan adalah, sistem penggeraknya bisa diubah dari mode fixed gear menjadi freewheel secara elektronis.

Pembuatan sepeda ini sepenuhnya dilakukan secara in-house. Baik sistem penggerak, rem, maupun peralatan elektronik, seluruhnya tersembunyi di dalam rangka sepeda. Di bagian bawah terdapat Switchable Integrated Free-Fixed Transmission (SWIFT) Drive System yang dirancang oleh para Insinyur Mekanis Universitas Pennsylvania.

Hebatnya lagi, kendaraan bertenaga manusia ini memiliki layar LCD di bagian stang yang dapat meng-update berbagai informasi perjalanan. Layar LCD ini berfungsi untuk memberikan berbagai informasi yang berguna, seperti waktu, jarak, irama, kecepatan roda dan gigi yang dipilih. Uniknya lagi, informasi-informasi tersebut tersimpan di salam sebuah SD card yang bisa kamu periksa seusai memakai sepeda tersebut. Canggih ya?

Tapi, sayangnya sampai saat ini belum ada informasi apakah sepeda ini benar-benar akan diproduksi atau tidak. Tapi yang jelas, tujuan proyek ini adalah untuk menciptakan sepeda dengan sistem yang lebih kompak dan terpadu. Dan berkat kreasi mereka ini, tim pembuat Alpha Bike berhasil mendapatkan penghargaan Gemmil Award di acara Senior Design Competition 2011 yang digelar oleh universitas tersebut. Wahh.. wahh.. hebat ya… Moga-moga aja sepeda ini diluncurin, bisa ngalahin sepeda fixie tuh..😀

Sumber: http://www.cosmogirl.co.id/index.php?cg=bW9kPWNvbnRlbnQmY2F0PXZpZXcmaWRzZWM9NiZpZD04MjY%3D

2 Comments (+add yours?)

  1. akimlinovsisa
    Jun 03, 2011 @ 15:23:28

    Nice info,,
    Link dh terpasang mba di link sahabat ane,,
    silahkan k TKP
    http://akimlinovsisa.wordpress.com/

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: