Sejarah Pers Era Reformasi

2.1  Periode 1997: Pengaruh Krisis Moneter (Krismon)

Kejadian krisis moneter melanda ekonomi Indone  sia pada bulan juli 1997. Demikian pula industri pers tidak terlepas dari dampak moneter tersebut. Akan tetapi, bagi industri pers ada dampak positif maupun negatifnya. Salah satu dampak negatif adalah ancaman terhadap stabilitas ekonomi pers, khususnya hargakertas koran yang sangat tinggi. Wartawan dan karyawan-karyawan lain yang dipekerjakan oleh perusahaan pers juga mengalami kesulitan, misalnya pemotongan gaji atau diberhentikan.

Sebagai tanggapan atas krisis moneter tersebut, kebanyakan surat kabar mengurangi jumlah halaman, misalnya Jawa Pos mengurangi jumlah halamannya dari 28 menjadi 16 halaman serta memperkecil ukurannya dari sembilan kolom menjadi tujuh kolom. Seruluh surat kabar yang terbit di Surabaya, baik yang kecil maupun yang beroplah besar, mengurangi jumlah halamannya dan beberapa surat kabarjuga mengurangi masa terbitnya. Misalnya surat kabar Karya Darma yang sebelum krisis moneter terbit enam edisi seminggu, dikurangi hanya terbit lima edisi seminggu.

Namun, pengaruh negatif tersebut berkurang dengan suasana demokratis dan tuntutan berita serta informasi. Dengan kejadian krisis moneter, industri pers di Indonesia tidak kehilangan mata pencariannya, yaitu peristiwa dan berita.

Hantaman Krisis: Pers Menggeliat

Pers Indonesia semakin kehilangan nyali pasca pembredelan Tempo, Detik dan Editor. Tanggal 21 Juni merupakan tanggal bersejarah bagi pers Indonesia.

wanna more? download here..

http://www.ziddu.com/download/15137147/SejarahPersIndonesiaEraReformasi.pdf.html

hopefully useful

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: