Riset dalam Komunikasi Pemasaran

2.1 Pengertian Riset Pasar

Keberhasilan pemasaran di dalam memutuskan dan menetapkan kebijakan pemasaran yang akan dilaksanakan perusahaan dalam mencapai tujuan yang diinginkan sangat tergantung dari kemampuan perusahaan untuk mendapatkan data dan informasi pemasaran yang lengkap dan up to date dari berbagai sumber sebagai masukan bagi manajer dalam pengambilan keputusan.

Berbicara pemasaran, maka kita tidak hanya membicarakan tentang baaimana cara memasarkan produk, bagaimana agar produk kita bisa laku dipasaran. Namun jauh sebelum itu, bahkan sebelum produk tercipta, maka pemasaran sudah lebih dahulu kita diskusikan. Sebelum kita menciptakan produk, maka kita sudah harus merencanakan “riset pasar”. Karena disinilah inti dari bisnis kita, bagaimana kita menciptakan sebuah produk yang dibutuhkan oleh pasar, bukan memaksakan produk kita agar diterima oleh pasar.

Ndraha mengartikan riset sebagai suatu pemeriksaan atau pengujian yang teliti dan kritis dalam mencari fakta. Peneliti lain mengartikan riset sebagai suatu prinsip-prinsip penyelidikan yang tekun guna memastikan suatu hal. Natsir mendefinisikan riset lebih jelas yaitu: “Suatu usaha untuk menemukan suatu hal menurut metode yang ilmiah. Sehingga riset memiliki tiga unsur penting, yaitu sasaran, usaha untuk mencapai sasaran serta metode ilmiah”.

Beberapa pengertian dasar mengenai riset pemasaran dari beberapa ahli akan dijelaskan sebagai berikut:

wanna more? download here..

http://www.ziddu.com/download/15136547/RisetdalamKomunikasiPemasaran.pdf.html

hopefully useful

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: