Model Komunikasi Black and Whitney

2.1    Model Black dan Whitney

Black dan Whitney membagi proses komunikasi menjadi empat wilayah yakni : (1) sumber; (2) pesan; (3) umpan balik, dan (4) audience. Masing-masing mempunyai ciri yang berbeda. Ciri ini umumnya melekat pada komunikasi massa. Untuk lebih jelas bida dilihat pada gambar berikut :

Gambar Model Black dan Whitney :

Model ini kurang begitu detail menampilkan elemen-elemen dalam komunikasi massa, misalnya model ini tidak memberikan peranan gatekeeper sebagai penapis atau palang pintu informasi.

Paling tidak penggagas model ini memasukkan seorang sumber yang dengan sengaja ingin memengaruhi mass audience, pesan yang berpeluang mengalami gangguan atau kegaduhan karena memakai saluran media massa, audience itu sendiri yang beragam minat dan kepentingan dalam memanfaatkan pesan-pesan media massa dan umpan balik yang tertunda dan multiefek karena pesan tersebut ditanggapi secara beragam oleh audience satu sama lain, sehingga akan memunculkan efek yang berlainan satu sama lain.

wanna more? download here..


http://www.ziddu.com/download/15137112/ModelKomunikasiBlackandWhitney.pdf.html

hopefully useful

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: