Media dan Politik

  • Kehadiran Media

Menurut Mc.Luhan, media merupakan perluasan alat indera manusia. Dengan kata lain, kehadiran media dalam komunikasi merupakan perpanjangan dari telinga dan mata. Media massa menyampaikan pesan yang beraneka ragam dan aktual tentang lingkungan sosial dan politik. Surat kabar dapat menjadi medium untuk mengetahui berbagai peristiwa politik yang aktual yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Begitu juga dengan juga radio dan televisi sebagai media elektronik menjadi sarana untuk mengikuti berbagai kejadian politik yang sedang terjadi.

Media pada prinsipnya adalah segala sesuatu sebagai alat bagi seseorang yang menyatakan gagasan, ide jiwa, atau kesadarannya. Arifin membagi media dalam tiga bentuk yakni:

  1. Media yang menyalurkan ucapan (the spoken word) termasuk juga yang menyalurkan bunyi yang hanya bisa ditangkap oleh telinga (the audial media). Media yang termasuk dalam kategori ini adalah gendang, tontong, telepon, dan radio.
  2. Media yang menyalurkan tulisan (the printed writing) yang hanya dapat ditangkap oleh mata (the visual media). Media yang termasuk ke dalam kategori ini antara lain prasasti, brosur, pamflet, poster, spanduk, selebaran, surat kabar, majalah, dan buku.
  3. Media yang menyalurkan gambar hidup dan dapat ditangkap oleh mata dan telinga (the audio visual). Media yang termasuk ke dalam kategori ini adalah film dan televisi.
  • Pentingnya Media dalam Politik

Media massa memiliki berbagai fungsi, salah satunya adalah fungsi sosial dan fungsi ekonomi. Dengan adanya fungsi tersebut, media bukanlah entitas yang pasif seperti robot yang hanya menditribusikan pesan, melainkan aktif, selektif, dan kritis. Hal ini karena media massa sebagai institusi memiliki kepentingan sendiri dan bahkan memiliki pemikiran dan idealisme secara independen.

wanna more? download here..

http://www.ziddu.com/download/15136937/MediadanPolitik.pdf.html

hopefully useful

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: