Karakteristik Inovasi

Sebelum kita memebahas lebih jauh tentang karakteristik inovasi, ada baiknya kita mengetahui pengertian inovasi. Menurut Yufrizal, inovasi merupakan suatu gagasan, tindakan, atau teknologi, termasuk barang yang dianggap baru oleh seseorang. Begitu juga dalam artikel Difusi Inovasi dan Teknologi Komunikasi. Di sana dipaparkan berbagai pengertian inovasi dari beberapa ahli, di antaranya:

  • Havelock, menyatakan bahwa inovasi merupakan segala perubahan yang dirasakan sebagai sesuatu yang baru oleh masyarakat yang mengalaminya. Seseorang menganggap baru, tetapi belum tentu ide yang sama itu baru bagi orang lain.
  • Mardikanto, mengemukakan bahwa inovasi adalah suatu ide, perilaku, produk, informasi, dan pratek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima, dan digunakan/diterapkan oleh sebagian besar warga masyarakat dalam suatu lokalitas tertentu, yang mendorong terjadi perubahan-perubahan disegala aspek kehidupan masyarakat demi terwujudnya perbaikan mutu hidup setiap individu/warga masyarakat yang bersangkutan.
  • Samsudin, menyatakan bahwa inovasi merupakan sesuatu yang baru yang disampaikan kepada masyarakat lebih baik dan lebih menguntungkan dari hal-hal sebelumnya.

 Dengan merujuk pada pengertian-pengertian di atas, sebuah inovasi tidak akan bisa berkembang dalam kondisi status quo. Inovasi mempunyai satu sifat mendasar yaitu sifat kebaruan. Sifat kebaruan ini merupakan ciri dasar inovasi dalam menggantikan pengetahuan, cara, objek, teknologi atau penemuan yang lama, yang sudah tidak efektif dalam menyelesaikan suatu masalah atau menjawab suatu kebiutuhan tertentu. Walaupun tidak ada satu kesepahaman definisi mengenai inovasi, namun secara umum dapat disimpulkan bahwa inovasi mempunyai suatu karakteristik. Everett M. Rogers dalam artikel Inovasi dan Difusi mengemukakan lima karakteristik inovasi yang mempengaruhi proses adopsi, yakni:

for more information, click here..

http://www.ziddu.com/download/15136107/PaperKarakteristikInovasi.docx.html

1 Comment (+add yours?)

  1. alief
    May 25, 2012 @ 01:43:19

    dila…
    aku nyontek ya…..
    hahahaha…..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: