Faktor Pesan dalam Komunikasi Persuasif

Perencanaan Pesan-Pesan Persuasif

Pesan-pesan persuasif bertujuan untuk mempengaruhi audiens yang cenderung mempertahankan ide atau gagasannya. Oleh sebab itu, pesan-pesan persuasif ini umumnya lebih lama, lebih rinci, dan tergantung pada persiapan strategis yang cukup ketat. Dalam menghadapi hal yang demikian, diperlukan perencanaan-perencanaan tertentu agar pesan-pesan persuasif ini dapat diterima. Perencaan tersebut antara lain:

  • Analisis Audiens

Penyampaian pesan-pesan persuasif yang terbaik adalah dengan cara menghubungkan suatu pesan dengan minat dan hasrat audiens. Untuk mengakomodasikan perbedaan individual, analisis audiens Anda dan kemudian susunlah suatu pesan yang dapat menjadi daya tarik bagi kebutuhan mereka.  Pertanyaan “apa yang mereka butuhkan?” sangat relevan dalam rangka menganalisis penerima.

Menurut Abraham Maslow yang terkenal dengan teori kebutuhan Hierarki/Berjenjang menyatakan bahwa manusia pada dasarnya memiliki lima kebutuhan yang bertingkat-tingkat, mulai dari kebutuhan dasar sampai pada kebutuhan aktualisasi dasar. Menurut teori kebutuhan hierarki ini, untuk menuju pada jenjang kebutuhan yang lebih tinggi seseorang harus dapat memenuhi kebutuhan yang ada di tingkat bawahnya, untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

  • Kebutuhan fisiologis

Kebutuhan ini merupakan kebutuhan hidup yang paling dasar yang bertujuan untuk mempertahankan hidup dan kehidupan manusia, misalnya kebutuhan akan makan, minum, tempat tinggal, pakaian dan lain-lain.

wanna more? download here..

http://www.ziddu.com/download/15137007/FaktorPesanDalamKomunikasiPersuasif.pdf.html

hopefully useful

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: