Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

A.    Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Bauran pemasaran (marketing mix) memiliki berbagai pengertian. Mahmud Machfoedz dalam Komunikasi Pemasaran Modern, menjelaskan bahwa bauran pemasaran merupakan sarana pemasaran taktis meliputi produk, harga, tempat, dan promosi yang dibaurkan untuk mendapat respon yang diinginkan dari pasar sasaran.

Menurut Douglas W. Foster dalam Prinsip-Prinsip Pemasaran, menjelaskan bahwa bauran pemasaran adalah suatu istilah yang menggambarkan seluruh unsur pemasaran dan faktor produksi yang dikerahkan guna mencapai sasaran perusahaan, misalnya laba, laba harta, penjualan bagian pasar yang akan direbut, dan sebagainya.

Sedangkan menurut Sofyan Assauri dalam Manajemen Pemasaran, menjelaskan bahwa bauran pemasaran adalah kombinasi fariabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran variabel mana yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen. Bauran pemasaran terdiri dari himpunan variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen atau pasar sasarannya.

Begitu juga dalam artikel yang berjudul Konsep Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dijelaskan pengertian bauran pemasaran dari beberapa ahli, antara lain:

  • Philip Kotler, bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju.

wanna more? download here..


http://www.ziddu.com/download/15136391/BauranPemasaran.pdf.html

semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: