Teori dan Probabilitas

I. Teori

a. Pengertian Teori

Kata teori memiliki arti yang berbeda-beda pada bidang-bidang pengetahuan yang berbeda pula tergantung pada metodologi dan konteks diskusi. Secara umum, teori merupakan analisis hubungan antara fakta yang satu dengan fakta yang lain pada sekumpulan fakta-fakta. Selain itu, berbeda dengan teorema, pernyataan teori umumnya hanya diterima secara “sementara” dan bukan merupakan pernyataan akhir yang konklusif. Hal ini mengindikasikan bahwa teori berasal dari penarikan kesimpulan yang memiliki potensi kesalahan, berbeda dengan penarikan kesimpulan pada pembuktian matematika.

Teori dalam ilmu pengetahuan berarti model atau kerangka pikiran yang menjelaskan fenomena alami atau fenomena sosial tertentu. Teori dirumuskan, dikembangkan, dan dievaluasi menurut metode ilmiah. Teori juga merupakan suatu hipotesis yang telah terbukti kebenarannya. Manusia membangun teori untuk menjelaskan, meramalkan, dan menguasai fenomena tertentu (misalnya, benda-benda mati, kejadian-kejadian di alam, atau tingkah laku hewan). Sering kali, teori dipandang sebagai suatu model atas kenyataan (misalnya : apabila kucing mengeong berarti minta makan).

Pernyataan tentang “tidak ada teori” itu bisa disebut benar apabila ia tidak relevan dengan fakta-fakta. Karena itu, mereka yang berkata “Saya tidak punya waktu untuk berteori, berteori hanya membuang-buang waktu” adalah mereka yang tidak mengerti arti teori, atau orang yang kurang pemahamannya tentang teori. Teori tidak lain adalah interpretasi dari fakta-fakta. Semua penalaran juga semua pemikiran intelek kita, kecuali pemikiran deduktif, adalah merupakan penyusunan dan pengujian dari teori. Sesungguhnya tidak ada perbedaan yang nyata antara fakta dan teori, karena setiap teori yang benar adalah merupakan pernyataan suatu fakta dalam hubungannya dengan fakta lain.

b. Jenis-jenis Teori
Ada dua macam teori, yakni Teori Umum dan Teori Khusus. Kedua jenis teori ini secara singkat akan dijelaskan sebagai berikut:

untuk yang lengkapnya, donlot di sini yaa..

http://www.ziddu.com/download/14981711/TeoridanProbabilitas.pdf.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: